Breaking News:

Banjir di Kalsel

VIDEO Banjir di Pandahan Tala Kalsel Kian Dalam, Polantas Ungsikan Warga

Cuaca ekstrem berlanjut. Sejak Kamis (14/1/2021) dinihari hingga pagi ini hujan berintas rendah hingga tinggi (deras) hampir merata mengguyur seluruh

Penulis: Idda Royani | Editor: edi_nugroho
M TAUFIQ QURAHMAN UNTUK BPOST GROUP
Personel Satlantas Polres Tala mengevakuasi warga Pandahan, Kamis (14/1) pagi. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Cuaca ekstrem berlanjut. Sejak Kamis (14/1/2021) dinihari hingga pagi ini hujan berintas rendah hingga tinggi (deras) hampir merata mengguyur seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Begitu pula di Kabupaten Tanahlaut (Tala). Banjir kian meluas, genangan pun makin dalam. Gelombang pengungsian juga terus berlangsung.

Sejak pagi sekitar pukul 07.00 Wita, personel Satlantas Polres Tala yang bertugas di kawasan di perbatasan Tala-Banjarbaru melakukan gerak cepat membantu evakuasi warga Desa Pandahan, Kecamatan Batibati.

Genangan di dalam rumah warga setempat kian dalam. Di antaranya telah mencapai pinggang orang dewasa sehingga penghuninya mesti mengungsi ke tempat yang aman.

Baca juga: Air Sungai Meluap, Beberapa Desa di Kecamatan Haruai Tabalong Kalsel Terendam

"Personel kami sejak pagi tadi membantu mengevakuasi warga Pandahan. Genangan di dalam rumah cukup dalam," sebut Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi melalui Kasat Lantas AKP M Taufiq Qurahman.

Evakuasi sejumlah warga setempat dari rumah ke daratan (jalan raya) menggunakan perahu (jukung). Di tengah hujan yang terus mengguyur, petugas terus membantu warga keluar dari rumah yang telah dipenuhi air.

"Mengenai jumlah warga yang dievakuasi, masih didata karena sekarang personel masih fokus membantu evakuasi," tandas Taufiq.

Dikatakannya, umumnya warga Pandahan yang mengungsi menuju rumah sanak kerabat yang berada di Desa Batibati.

Permukiman Pandahan sejak dulu memang kerap terpapar banjir ketika terjadi curah hujan tinggi pada musim penghujan. Pasalnya perkampungan setempat berada di kawasan rawa dan dibelah sungai.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved