Breaking News:

Berita Tala

Waduk di Benuatengah-Gunungmakmur Tala Kalsel Jebol, Jalan Raya Arah Pantai Tenggelam

Dampak tingginya intensitas curah hujan pada Selasa (12/1/2021) dinihari cukup kompleks di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Foto Gunawan untuk Tribunkalteng.com
Beginilah kondisi ruas jalan raya arah ke Pantai Takisung di wilayah Desa Gunubgmakmur yang tenggelam akibat jebolnya tanggul waduk, Selasa (12/1) pagi. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Dampak tingginya intensitas curah hujan pada Selasa (12/1/2021) dinihari cukup kompleks di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tak cuma ribuan rumah yang kebanjiran dan ruas jalan di sejumlah tempat tenggelam. Lebih dari itu, waduk yang berada di Kecamatan Takisung jebol. Waduk itu berada di wayah Desa Benuatengah dan sebagian masuk wilayah Desa Gunungmakmur.

"Sekitar pukul 08.00 Wita pagi tadi jebolnya," sebut Gunawan, kepala Desa Gunungmakmur kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (12/1/2021).

Ia menuturkan bentang tanggul waduk yang jebol sekitar sepuluh meter. Air langsung tumpah dan menyebabkan sejumlah rumah warga di lima RT di Gunungakmur kebanjiran.

"Banjir melanda RT 08, 07 ,06, 07, 11, dan 05. Ketinggian genangan di dalam rumah sekitar belasan sentimeter," papar Gunawan.

Selain itu juga menyebabkan ruas jalan raya Takisung arah ke pantai tenggelam. Bentang panjang sekitar setengah kilometer. Lokasi genangan dekat jembatan. Praktis, lalu lintas menuju objek wisata Pantai Takisung tersendat.

Di wilayah Desa Ranggang ruas jalan raya setempat juga ada yang tenggelam meski tak terlalu dalam. Ini juga bagian dari jalur ke arah pantai.

"Yang paling dalam genangannya sepanjang 50-an meter setinggi lutut orang dewasa," sebut Gunawan.

Dikatakannya, sepeda sama sekali tak bisa melintas kecuali pakai gerobak. Sedangkan mobil berbadan tinggi masih bisa lewat namun mesti ekstra hati-hati karena arus air bah waduk yang meneberangi jalan raya tersebut cukjp deras.

Terpisah, Camat Takisung Yudo Restanto menyebutkan banjir di wilayahnya melanda Desa Benuatengah di RT1 enam unit rumah, 15 rumah di RT 2, dan 30 rumah di RT 5 dan 6.

Sedangkan di Desa Gunungmakmur membanjiri dua rumah di RT 5, dua rumah di RT 6, tiga rumah di RT 7, 30 rumah di Rat 8, dan delapan rumah di RT 11.
(Tribunkalteng.com/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved