Breaking News:

Berita Sampit

Polres dan BPBD Seruyan Kalteng Tingkatkan Koordiansi Pencegahan Karhutla

Suhu panas yang mengakibatkan lahan semak belukar mulai mengering karena jarang turun hujan memunculkan kekhawatiran sejumlah instansi di Kabupaten Se

Tribunkalteng.com/ faturahman
Hujan yang jarang turun mengakibatkan lahan mengering sehingga rawan menyebabkan kebakaran lahan. Sejumlah instansi di Kalteng mulai melakukan koordinasi untuk antisipasi dan pencegahan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, SERUYAN - Suhu panas yang mengakibatkan lahan semak belukar mulai mengering karena jarang turun hujan memunculkan kekhawatiran sejumlah instansi di Kabupaten Seruyan lahan kosong rawan terjadi kebakaran lahan sehingga kewaspadaan pun ditingkatkan sebagai upaya antisipasi.

Meski begitu tidak semua lahan yang ada di Kabupaten Seruyan yang mulai mengalami kekeringan karena banyak juga yang basah meski hujan mulai jarang turun.Potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tetap diwaspadai sebelum terjadi sehingga instansi terkait terus berkoordinasi untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan tersebut.

Polres dan BPBD Kabupaten Seruyan hingga, Selasa (12/1/2021) terus memantau kondis lahan semak belukar dan titik-titik daerah rawan kebakaran lahan dan hutan di kabupaten tersebut, mencegah sebelum terjadi kebakaran, karena kawasan tersebut termasuk rawan karhutla.

Rapat l koordinasi awal bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan, dan Polres setempat. Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, bersama Kepala Bagian Operasi dan Intelijen Polres Seruyan, melakukan diskusi dengan Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistyono untuk langkah dini penanggulangan karhutla.

“Kabupaten Seruyan merupakan salah satu daerah rawan karhutla, kami Polres Seruyan melaksanakan koordinasi awal dengan BPBD sebagai upaya antisipasi sejak dini dalam hal penanggulangan Karhutla, di wilayah Kabupaten Seruyan,” ujar Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono.

Dikatakan perwira menengah yang juga pernah menangani karhutla Reskrimsus Polda Kalteng , pihaknya melakukan upaya antisipasi agar Polri maupun BPBD dapat melakukan langkah strategis kedepan sehingga pelaksanaan penanggulangan karhutla berjalan efektif dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. (Tribunkalteng.com/ faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved