Breaking News:

Berita Martapura

Enam Desa di Kecamatan Pengaron Banjar Kalsel Terendam Setinggi Atap Rumah

Tarmiji harap-harap cemas. Genangan yang merendam rumahnya hanya tinggal dua papan tangga, Selasa (12/1/2021).

Tribunkalteng.com/ mukhtar wahid
Genangan yang merendam desa-desa di Kecamatan Pengaron Banjar Kalsel hanya tinggal dua papan tangga, Selasa (12/1/2021). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, RANTAU - Tarmiji harap-harap cemas. Genangan yang merendam rumahnya hanya tinggal dua papan tangga, Selasa (12/1/2021).

Warga Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memilih bertahan karena orangtunya sakit stroke.

"Kalau saya mengungsi, siapa yang merawat orangtua saya. Begitu juga kalau orangtua saya mengungsi siap yang merawat dia, makanya saya bertahan," katanya dihubungi reporter Banjarmasinpost.co.id.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa Pengaron itu mengaku tak menyangka air yang menggenang itu setinggi atap rumah warga.

"Peristiwa ini mengulang peristiwa serupa pada 2006 lalu. Tahun lalu, banjir hanya mengenang setinggi mata kaki saja. Ini didalam rumah sudah setinggi leher orang dewasa," katanya.

Apalagi rumah yang berada di dataran rendah, atap rumah warga yang terlihat. Penghuninya mengungsi ke rumah kerabat yang lebih tinggi, masih sekitaran Desa Pengaron, sebutnya.

Tarmiji mengaku mengisi baterai handphone dan mengisi dua charger handphone android untuk berkomunikasi selama menunggu banjir surut.

"Kalau air naik terus kiriman dari Kecamatan Sungai Pinang, maka evakuasi diutamakan orangtua saya, anak dan perempuan di rumah," katanya.

Sementara, Kapolsek Pengaron, Iptu Herry dihubungi reporter Banjarmasinpost.co.id, membenarkan enam desa terendam banjir di Kecamatan Pengaron.

Enam desa itu adalah Antaruku, Benteng, Mangkauk, Pengaron, Lubang Baru dab Lok Tunggul.

Iptu Herry mengaku kantor Polsek Pengaron berada di dataran tinggi sehingga tidak terendam.

"Saya juga terjebak banjir, masih menunggu bantuan perahu karet dari BPBD dan Polres Banjar menuju ke Pengaron," katanya. (Tribunkalteng.com/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved