Breaking News:

Berita Tala

Ombak Laut Terjang Tiga Rumah Nelayan Muarakintap Tala Kalsel Rusak

Cuaca ekstrem kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (31/12/2020) malam. Diperkirakan masih

Penulis: Idda Royani | Editor: edi_nugroho
Screshoot video kiriman Supriyanto
Gelombang tinggi menerjang permukiman warga di Kampungbaru, Desa Muarakintap, Rabu (30/12) malam. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Cuaca ekstrem kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (31/12/2020) malam. Diperkirakan masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Rumah nelayan yang berada di pesisir pantai pun kembali rawan terhantam ombak besar. Bahkan setidaknya tiga unit rumah warga yang terkena dampak terjangan gelombang tinggi.

"Sementara ini yang terdampak gelombang tinggi malam tadi di Kampungbaru di Desa Muarakintap," sebut Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi melalui Kasat Polair AKP Supriyanto, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Polsek Kelumpang Hulu Dua Jaring Pemuda Kedapatan Bawa Sajam

Ia menuturkan ada tiga rumah warga setempat yang mengalami kerusakan yakni rumah Baba, Semang, dan Sunar. Semuanya berada di lingkungan RT 3.

Umumnya bagian belakang rumah yang mengalami kerusakan. Level kerusakanya ringan. "Seperti sebagian tiang roboh dan miring," sebut Supriyanto.

Dikatakannya, gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 21.00 Wita dan mulai melandai (teduh) pukul 23.00 Wita. Malam itu juga beberapa nelayan setempat yang rumahnya di pesisir pantai diimbau mengungsi sementara ke rumah sanak kerabat.

Supriyanto mengatakan pantauan di lapangan, gelombang tinggi juga melanda pesisir di Desa Kualatambangan, Tabanio, dan Takisung di Kecamatan Takisung. Serta di Pantai Batakan Kecamatan Panyipatan.

Hanya pesisir di Desa Muara Asamasam, Kecamatan Jorong, yang aman. Hal ini dikarenakan letak pesisir Muara Asamasam di area cekung. Malam tadi, air laut setempat memang naik tapi tidak disertai gelombang tinggi.

"Muara Asamsam meski aman, namun jika terpapar gelombang tinggi, dampak yang ditimbulkan paling parah," sebut Supriyanto.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved