Breaking News:

Berita Tala

Malam Tahun Baru, Arus Masuk ke Kota Pelaihari Tala Kalsel Diperketat

Objek wisata di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap buka pada momen libur tahun baru 2021. Pemkab Tala hanya membatasi jam

Tribunkalteng.com/idda royani
Panorama elok di Pantai Batakan Baru. Objek wisata baru ini sekarang menjelma menjadi destinasi favorit kalangan wisatawan. 

Editor: Edi  Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Objek wisata di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap buka pada momen libur tahun baru 2021. Pemkab Tala hanya membatasi jam buka dan larangan kemping.

Namun hal tersebut juga tergantung kondisi di lapangan. "Apabila sudah cukup banyak pengunjung, maka lokasi wisata akan ditutup dan pengunjung lainnya yang masih berdatangan akan kami minta balik kanan," ucap Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, Kamis (31/12/2020).

Dikatakannya, pada kondisi seperti itunl maka petugas yang standby di pospam di simpang tiga Bentok, Kecamatan Batibati, akan memperketat arus masuk ke Kota Pelaihari.

"Tiap orang yang masuk akan ditanyai. Jika tujuannya tidak penting akan kami minta kembali," tandas Cuncun.

Langkah tersebut dikatakannya guna mencegah kerumunan yang berlebihan. Pasalnya pada kondisi seperti itu bisa menjadi potensi penularan corona virus diseases (covid-19).

Baca juga: Operasi Yustisi Jelang Malam Tahun Baru Jaring 52 Warga Palangkaraya Kalteng

Karena itu, lanjut Cuncun, pihaknya akan terus memantau objek wisata di Tala. Terutama di lokasi wisata yang tiap libur tahun baru selalu disesaki pelancong yakni Pantai Takisung di Kecamatan Takisung dan Pantai Batakan di Kecamatan Panyipatan.

Pihaknya juga akan memastikan semua objek wisata tutup pukul 17.00 Wita sebagaimana telah ditegaskan dalam surat edaran bupati Tala. Pengunjung juga dilarang kemping.

Personel disiagakan di dua pospam terpadu yakni di Pantai Takisung dan di Pantai Batakan. Selain polisi, juga ada personel TNI dan institusi terkait atau stakeholder lainnyan

"Kami imbau pada perayaan tahun baru kali ini agar warga tetap di rumah karena saat ini masih ada covid-19. Bahkan, data angkanya saat ini naik," sebutnya.

Kalau pun harus keluar rumah, warga diminta selalu mengenakan masker dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. Selain itu dianjurkan sering mencuci tengan dengan sabun di air mengalir.

Hingga kini objek wisata di Tala memang masih menjadi primadona bagi masyarakat Kalsel. Sejumlah warga dari beberpaa daerah bahkan sejak pekan lalu mulai banyak yang bertanya tentang buka/tidaknya objek wisata Tala pada momen tahun baru.

Apalagi kini kian banyak objek wisata baru yang menawan di Tala. Tiga objek wisata yang dikelola Pemkab Tala pun juga kian menjadi magnit kuat setelah dilakukan penataan dan pelengkapan fasilitas yakni di Pantai Batakan Baru, Pantai Takisung, dan Air Terjun Bajuin. (Tribunkalteng.com/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved