Breaking News:

Berita Tanahlaut

Satu PNS Tanahlaut Kalsel Positif Ganja, BNN Serahkan ke Pemkab untuk Dibina

Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) terus dimasifkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten

Penulis: Idda Royani | Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/idda royani
KETUA BNNK Tala M Faisal Sidiq (kiri) memaparkan relaisasi kegiatan selama 2020 kepada pers, Rabu kemarin. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) terus dimasifkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selama 2020 setidaknya telah dilaksanakan 15 kali tes urine. Sasarannya mulai dari kalangan pejabat pemerintah hingga kalangan karyawan perusahaan swasta.

Data pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Tala, test urine dilakukan sejak 19 Februari dan terakhir 10 Desember 2020. Pertama dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) Pelaihari dan terakhir di Aula Badan Kesbangpol Tala.

Baca juga: Jelang Pergantian Tahun, Kodim Martapura Gelar Patroli Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Lalu dilaksanakan lagi pada 19 Maret, 4 Juni, 23 Juni, 4 September dan 22 September. Kemudian pada November dilaksanakan tanggal 3, 4, 18, 23, dan 24. Kemudian berlanjut bulan Desember tanggal 1, 2, 3, 7, 8, dan 10.

Jumlah total orang yang menjalani tes urine sebanyak 969 orang orang. "Hasilnya, ada 13 orang yang positif," papar Kepala BNN Kabupaten Tala M Faisal Sidiq, Rabu (30/12/2020).

Namun belasan orang yang positif tersebut umumnya dikarenakan mengonsumsi obat penenang dan sejenisnya seperti yang mengandung benzodiazepin, amphetamin, dan etil glukoronida.

"Hanya satu orang yang positif karena tietrahydrocannabinol atau ganja," papar Faisal.

Mengutip laman Wikipedia, tetrahidrokanabinol adalah psikotropika yang merupakan senyawa utama dari ganja. Zat ini hanya dihasilkan tanaman Kanabis.

Ia menuturkan terhadap satu orang positif ganja tersebut telah tiga kali dilakukan tes dengan tiga alat berbeda. Hasilnya sama yakni terdeteksi tietrahydrocannabinol pada air seni yang bersangkutan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved