Breaking News:

Berita Palangkaraya

Kasus Kecelakaan Lalulintas Kalteng 2020 Capai 660 Kali, 242 Orang Meninggal Dunia

Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kalimantan Tengah tahun 2020 tercatat mencapai 660 kasus dengan angka korban meninggal dunia mencapai 2

Penulis: Fathurahman | Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/ faturahman
Taman Lalulintas di Jalan Garuda Palangkaraya, terdapat baliho edukasi pengetahuan tentang rambu lalulintas. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kalimantan Tengah tahun 2020 tercatat mencapai 660 kasus dengan angka korban meninggal dunia mencapai 242 orang, jumlah tersebut menurun dari tahun 2019 mencapai 964 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 337 atau turun sebanyak 31 persen.

Berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan angka kecelakaan lalulintas tersebut, salah satunya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengendara tentang pentingnya mentaati aturan dalam berlalulintas di jalan umum, terutama memakai helem, atau sabuk pengaman dalam mobil.

Ditlantas Polda Kalteng dan Satlantas Polres jajaran, secara rutin melakukan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan tersebut, sehingga sosialisasi tertib berlalulintas dilaksanakan ditempat umum hingga ke sekolah maupun kampus dengan mengimbau pengendara tertib dalam berlalulintas di jalan umum.

Baca juga: Prihatin Perempuan 14 Tahun Jadi Korban Pembunuhan, Pemko Telusuri Dugaan Pelanggaran Hotel

Upaya sosialisasi dan edukasi tersebut sebagai cara yang dianggap cukup efektif mengurangi tingginya angka kecelakaan lalulintas di Kalimantan Tengah. "Sosialisasi dan edukasi tentang aturan dalam berlalulintas salah satu cara menekan angka kecelakaan lalulintas," ujar Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, Rabu (30/12/2020).

Berdasarkan , data Ditlantas Polda Kalteng, terdata tahun 2019 terdapat 1.555 orang jadi korban kecelakaan, sedangkan tahun 2020 menurun 37 persen menjadi 969 orang. "Menurunnya angka kecelakaan tahun 2020 adalah keberhasilan bersama baik kepolisian maupun pengendara yang telah disiplin dalam berlalu lintas," ujar Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan.

Upaya memberikan edukasi juga dilakukan dengan memasang rambu-rambu lalulintas da keterangan serta penjelasannya di Taman Lalulintas dijalan Garuda Palangkaraya.
“Tahun 2020 Polda Kalteng berupaya menekan angka korban jiwa atau luka berat dalam setiap kecelakaan lalu lintas. Kami juga terus melakukan patroli rutin dan menggelar razia untuk tertib berlalulintas,” ujarnya. (Tribunkalteng.com/ faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved