Berita Balangan

Balangan Kalsel Siap Kembali Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap 2021

Kabupaten Balangan siap menerapkan Pembelajaran Tatap Muka pada semester genap tahun 2021 nanti.

Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/isti rohayanti
Bupati Balangan, Ansharuddin memimpin pelaksanaan Rakor teknis persiapan pembelajaran tatap muka semester genap untuk sekolah di Balangan, Selasa (29/12/2020). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN- Kabupaten Balangan siap menerapkan Pembelajaran Tatap Muka pada semester genap tahun 2021 nanti.

Pasalnya, rapat koordinasi untuk pembelajaran tersebut sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan beserta Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan yang tentunya dihadiri langsung oleh Bupati Balangan, Ansharuddin, di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan, Selasa (29/12/2020).

Sejumlah pertimbangan untuk kembali digelarnya pembelajaran tatap muka sudah dibahas. Mengingat sebelumnya keputusan belajar online dilakukan untuk mencegah dan menghindari penyebaran Covid 19 di Balangan.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Markas Kodim Palangkaraya Disemprot Cairan Disinfektan

Bupati Balangan, Ansharuddin menerangkan, terbatasnya sosialisasi siswa dalam belajar online menjadi satu kendala. Belum lagi pemahaman siswa dalam belajar. Serta pendampingan dari orangtua yang dianggap sangat mempengaruhi proses pembelajaran online.

"Dari hasil evaluasi dalam belajar online, nilai pembelajaran yang bagus karena faktor perangkat komunikasi mereka yang mendukung. Tentunya ini jadi pertimbangan utama agar kembali belajar tatap muka," ujar Ansharuddin.

Ia akui, pembelajaran tatap muka merupakan sistem paling efektif untuk memberikan pendidikan kepada siswa.

Selain itu pertimbangan lainnya juga didukung adanya keputusan Kementrian Pendidikan untuk mempersilakan pembelajaran tatap muka kembali dilakukan. Dalam artian kegiatan belajar mengajar di sekolah kembali berlangsung.

Namun paling penting ujar Ansharuddin ialah penerapan protokol kesehatan. Tentunya hal tersebut adalah upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di Balangan apalagi pada pelajar.

Penerapan pembelajaran tatap muka pada sejumlah sekolah di Balangan akan dilakukan selama sebulan. Apabila berjalan sesuai harapan maka akan berlanjut.

Pada prosesnya pula, diawali sampel sekolah yang menggelar kegiatan tersebut. Sekolah pun akan dipilih dan atas rekomendasi Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan.

Sebut Ansharuddin pada setiap kecamatan akan ada sekolah yang menjadi percontohan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Sementara waktu, tingkat pendidikan yang akan dibuka secara tatap muka pada SMA, SMK, dan MA serta tingkat SD dan SMP. Sedangkan pada PAUD masih belum diberlakukan.

Tak hanya itu ucap Ansharuddin, para guru yang ke depan akan melakukan pembelajaran secara langsung kepada siswa juga akan dilakukan tindakan swab. Sehingga pencegahan sejak dini terhadap penyebaran Covid 19 dilaksanakan.

Pada rapat koordinasi tersebut, melibatkan sejumlah jajaran SKPD dan Forkopimda. Di antaranya yang berhadir yakni Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Ali Ahmad Satriyadi yang diwakili oleh Danramil Awayan, Kapten Arm Antonius DW dan Kajari Balangan, Khaidir.
(Tribunkalteng.com/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved