Breaking News:

Wabah Corona Kalsel

Dua Kecamatan di Tanahlaut Kalsel Munculkan Klaster Baru Covid-19

Alih-alih melandai, angka corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), terus bergerak menanjak sejak s

Penulis: Idda Royani | Editor: edi_nugroho
AMY HASAN UNTUK TRIBUNKALTENG.COM
Koordinator Karantina Fasyansus Covid-19 Tala melepas kepulangan pasien setempat yang sembuh dari infeksi covid, beberapa hari lalu. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COMPELAIHARI - Alih-alih melandai, angka corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), terus bergerak menanjak sejak sekitar tiga pekan terakhir.

Jumlah pasien yang dirawat hingga Minggu (27/12/2020) mencapai 138 orang atau sembilan persen dari total kasus covid-19 di Tala sebanyak 1.453 orang. Bulan lalu pasien dirawat sempat hanya 60-an orang atau 92 persen.

Sebagian dari mereka dirawat di Fasilitas Layanan Khusus (Fasyansus) Covid-19 Tala di eks RSUD Hadji Boejasin di Jalan Hadji Boejasin, Pelaihari.

Sebagian lagi dirawat di RSUD Hadji Boejasin Pelaiahri di Saranghalang dan di RSU Ulin Banjarmasin. Namun terbanyak menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Baca juga: Bantuan Pangan Mulai Mengalir ke Korban Banjir Benuaraya Tala Kalsel

Data pada Fasilitas Layanan Khusus (Fasyansus) Covid-19 Tala, hingga Minggu (27/12/2020) pagi ini tercatat sebanyak 43 orang yang ditangani. Sebarannya tetap didominasi dari Kecamatan Pelaihari sebanyak 38 orang. Selebihnya dari dua kecamatan dan dari luar Tala.

Ssbagian besar pasien adalah orang dewasa kelompok usia 18-60 tahun sebanyak 38 orang, anak-anak kelompok usia 6-17 tahun dua orang, dan lansia (61 tahun ke atas) tiga orang.

Koordinator Bidang Kesehatan Fasyansus Covid-19 Tala H Amy Hasan mengatakan hingga sekaran paling banyak pasien covid berasal dari Kecamatan Pelaihari.

"Di Pelaihari umumnya dari klaster perkantoran. Lalu, dari menyebar kepada keluarga masing-masing," sebut Amy.

Pejabat eselon III di Dinkes Tala yang juga anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid Tala ini menuturkan di Kecamatan Bajuin juga terjadi penyebaran covid melalui acara hajatan, arisan, dan acara keluarga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved