Breaking News:

Nasional

Daftar Wilayah yang Miliki Potensi Banjir dan Karhutla di Tahun 2021

BMKG mengingatkan agar masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia perlu mewaspadai potensi banjir dan titik api di tahun 2021 mendatang.

tribunkalteng.com/kompas.com
Petugas berupaya memadamkan kebakaran hutan di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, 5 September 2015. Kabut asap kebakaran hutan dan lahan mulai menyebar ke negara tetanga di Asia Tenggara. 

TRIBUNKALTENG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat perlu mewaspadai potensi banjir dan titik api di tahun 2021 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, potensi banjir perlu diwaspadai, mengingat peristiwa banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah, terutama DKI Jakarta yang menjadi sorotan nasional bahkan internasional.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat normal sampai atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya, atau bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu," kata Dwikorita.

BMKG mengingatkan, agar masyarakat waspada terhadap prospek iklim yang bisa berdampak meningkatnya potensi banjir dan titik api.

Baca juga: Pegawai di Kalteng Tak Taat Protokol Kesehatan Terancam Kena Sanksi

Baca juga: Kendaraan Masuk Toll Gate Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru Kalsel Diperiksa

* Potensi banjir meningkat

Secara umum, curah hujan bulan Januari hingga Maret 2021 diprakirakan berkisar antara 200-500 mm per bulan, atau cenderung lebih tinggi dibandingkan tahun 2020.

Bahkan, untuk wilayah di sebagian Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua diprakirakan mendapatkan curah hujan bulanan lebih dari 500 mm per bulan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, beberapa daerah diprakirakan akan mendapatkan peningkatan curah hujan 40 persen hingga 80 persen lebih tinggi dari curah hujan di tahun 2020.

Personil satsabahara bantu angkat sepeda motor warga yang kebanjiran di Kompleks Maluyung.
Personil satsabahara bantu angkat sepeda motor warga yang kebanjiran di Kompleks Maluyung. (Tribunkalteng.com/donyusman)

Di antara wilayah tersebut adalah sebagai berikut.

- Aceh

Halaman
1234
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved