Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Brimob Polda Kalsel Sterilisasi ke Sejumlah Gereja di Banjarmasin

Jelang perayaan Natal 2020, petugas Gegana Sat Brimob dan Satgas Satwa atau K9 Ditsamapta Polda Kalimantan Selatan melakukan sterilisasi terhadap gere

Tribunkalteng.com/irfani rahman
Petugas Brimob dan k9 Polda Kalsel melakukan sterilisasi terhadap gereja di Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Jelang perayaan Natal 2020, petugas Gegana Sat Brimob dan Satgas Satwa atau K9 Ditsamapta Polda Kalimantan Selatan melakukan sterilisasi terhadap gereja di Banjarmasin, Kamis (14/12/2020) siang.

Dalam giat ini petugas melakukan sterilisasi di sejumlah gereja. Pantauan Banjarmasinpost.co.id, sekitar pukul 14:00 Wita, petugas gabungan bergerak ke Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdi) di Jalan Veteran 35/7 Banjarmasin. Kemudian petugas juga bergerak ke GPIB Maranatha Banjarmasin di Jalan AES Musyaffa .

Terlihat petugas menggunakan metal detektor dan cermin melakukan pemeriksaan di semua sudut gereja dari bangku hingga kisi-kisi ruangan. Selain itu anjing pelacak K9 bernama Lana pun melakukan pengendusan di berbagai tempat.

Baca juga: Rumahnya Reot, Warga Mekarsari Kabupaten Batola Kalsel Harapkan Bantuan

Baca juga: Lorong, Bangku Hingga Sound System Gereja Diperiksa Tak Temukan Benda Mencurigakan

Dalam operasi ini petugas yang dipimpin Kasusatgas Gegana Brimob Ops Lilin Intan 2020, Iptu Joko Triono dan Ps Kasubnit Cakkal Dit Samapta Bripka AF Samosir langsung memimpin penyisiran.

Kasubsatgas Gegana Brimob Ops Lilin Intan 2020, Iptu Joko Triono mengatakan kegiatan sterilisasi ini dimaksudkan untuk menciptakan rasa aman kepada para jamaah yang akan melaksanakan misa nanti malam, meskilpun kondisi ini tak luput dari covid 19.

Selain itu dari pihak penyelenggara melakukan misa dengan mengedepankan protokol kesehatan dimana peserta jamaah dibatasi dan tidak seperti tahun sebelumnya yakni separo atau sepertiga yang ikut kebaktian.

"Yang diperiksa seluruh yang ada di ruangan seperti audio, sound syistem dan kursi , lorong-loromg dimungkinkan adanya dipasang bahan peledak atau bom. Dan hasil pemeriksaan rekan-rekan tak ditemukan benda diduga bom, tidak ada, "Allhamdulillah aman, papanya.

Terpisah, Pengurus Keseketariatan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdi) di Jalan Veteran 35 Banjarmasin Yoce Bolung mengungkapkan Kamis (24/12) malam atau malam natal pukul 21:00 Wita dan Jumat (25/12) melakukan ibadah Natal.

Prokes yang sudah dilakukan yakni penyemprotan disinfekten sebelum dan sesudahny dan penambahan udara agar lebih nyaman dan sehat dengan saniter. Kemudian nantinya pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangam, disediakan di pintu depan dan belakang.(Tribunkalteng,com/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved