Berita Tabalong

Hadapi Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah, Disdik Tabalong Kalsel Terbitkan Juknis

Persiapan untuk pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka di sekolah saat ini sudah dilakukan jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong.

Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/donyusman
Kepala Disdik Tabalong, H Mahdi Noor 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, TANJUNG- Persiapan untuk pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka di sekolah saat ini sudah dilakukan jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong.

Selain telah menggelar rakor dengan SKPD terkait dan melakukan sosialisasi secara bertahap ke sekolah, petunjuk teknis (juknis) serta SOP juga telah dibuat.

Kepala Disdik Tabalong, H Mahdi Noor, Selasa (22/12/2020), menyampaikan, dalam penerapan belajar tatap muka ini pihaknya mengacu pada SKB empat menteri yakni Mendikbud, Menag, Menkes dan Mendagri.

Dalam SKB salah satunya disampaikan peta resiko penyebaran covid- 19 yang digunakan sebagai acuan adalah peta dari satgas covid daerah dan sekolah yang jadi sasaran penerapan dari jenjang PAUD sampai perguruan tinggi.

Baca juga: TC Perdana Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021 Hanya Dihadiri 19 Pemain

Sedangkan untuk pelaksanaan penerapan belajar tatap muka di sekolah, sesuai SKB bisa dilakukan serentak atau bisa juga secara bertahap.

Untuk Kabupaten Tabalong sendiri memilih melakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan sekolah dan telah ada diterbitkan juknis pembelajaran tatap muka yang dibuat dalam bentuk surat edaran.

Ditambahkannya, bagi sekolah di Tabalong yang ingin menggelar pembelajaran tatap muka maka harus ada mengantongi tiga izin.

"Pertama izin komite atau orangtua murid atau wali murid, kedua izin dari kepala sekolah dan ketiga izin dari pemerintah daerah," jelasnya.

Untuk mendapatkan izin dari pemerintah daerah, sekolah bisa ajukan permohonan ke Bupati Tabalong melalui Dinas Pendidikan.

Selanjutnya dinas pendidikan akan melakukan verifikasi administrasi dan juga cek liat kesiapan terkait penerapan protokol kesehatan di sekolah itu.

Apabila dinyatakan lengkap, permohonan akan dikirimkan Pemkab Tabalong yang dalam hal ini Satgas Covid 19 Kabupaten Tabalong.

"Setelah itu satgas covid akan lakukan verifikasi lapangan tentang daftar kesiapan sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka, barulah tim satgas covid akan berikan rekomendasi," katanya.

Rekomendasi itulah yang nantinya akan dipakai pemerintah daerah untuk bisa memberikan izin atau tidak bagi sekolah melaksanakan belajar tatap muka.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved