Berita Kotabaru

Puluhan Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Lintas Kecamatan di Pulaulaut Barat

Ruas jalan di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan rusak berat. Terlebih dimusim pen

Penulis: Herliansyah | Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/Helriansyah
Kondisi jalan di wilayah Bangun Rejo, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kotabaru, Kalsel rusak parak dalam seminggu terakhir 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KOTABARU - Ruas jalan di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan rusak berat. Terlebih dimusim penghujan, sekarang jalan hampir tidak bisa dilalui karena berkubang lumpur.

Sementara tidak ada alternatif lain, warga kecamatan seperti Pulaulaut Selatan dan Pulaulaut Kepulauan terpaksa melintasi di jalan itu jika hendak ke ibu kota kabupaten.

Mulai parahnya kerusakan jalan terjadi dalam seminggu terakhir, diakui Camat Pulaulaut Kepulauan, Jabir. Kerusakan tidak terlalu panjang hanya sekitar 50 meter, namun kondisinya sangat parah.

Baca juga: Siring Pesisir Muara Asamasam Tala Kalsel Kian Ambles, Rumah Warga Rawan Hantaman Ombak

"Lumpur. Makin dalam itu kalau dibiarkan. Jadi harus dibersihkan, dikeringkan lumpurnya," terang Jabir kepada banjarmasinpost.co.id melalui telepon genggamnya, Minggu (20/12/2020).

Sudah berkali-kali ada penanganan dari salah satu perusahaan. Namum kondisi jalan berlumpur kembali lagi ketika hujan turun.

Jabir mengharapkan ada penanganan khusus, terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru atau dinas PU Provinsi Kalimantan Selatan.

"Benar jalan, jalan strategis provinsi. Ada kewenangan kabupaten ada kewenangan provinsi," terang Jabir.

Jalan boleh dibilang satu-satunya akses masyarakat dari Pulaulaut Kepulauan dan Pulaulaut Selatan ke ibukota Kabupaten Kotabaru, menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan pedesaan.

Ada jalan alternatif di wilayah Bandaraya, namun kondisi kerusakan lebih parah dari jalan di wilayah Bangung Rejo. "Jadi taksi semua lewat situ (Bangun Rejo). Seandainya lewat bawah (Bandaraya) bagus, ada alternatif," ucap Jabir.

Berharap segeranya ada perbaikan dari pemerintah kabupaten ataupun provinsi, sesuai status jalan menjadi kewenangan keduanya. "Tapi sangat boleh sekali, jika ada inisiatif perusahaan pendekatan ke pemerintah kecamatan. Dan, itu (wilayah) masuk Pulaulaut Tanjung Selayar," pungkasnya.

Kepala Dinas PUPR Kotabaru Maulidiansyah melalui Kabid Jalan, Frans tidak menepis kerusakan jalan di wilayah Bangun Rejo. Ia berjanji segera mensurvey dan melakukan penanganan jika kondisinya memungkinkan.

"Alat kami masih mengerjakan jalan yang di Tanjung Serudung dulu. Nanti kami survey dulu di Bangun Rejo, kalau memungkinkan setelah selesai penanganan di Tanjung Serudung akan dialihkan ke sana (alat)," ucap Frans.(Tribunkalteng.com/Helriansyah)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved