Breaking News:

Pilkada Kabupaten Banjar 2020

Dua Paslon Kalah Pilkada Banjar Siap-siap Gugat Hasil ke MK

Setelah sempat menolak menandatangani hasil pleno dan menyatakan ada kecurangan saat pemungutan suara Pilbup Banjar kemarin. Dua pasangan calon yang k

Tribunkalteng.om/Milna Sari
Calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banjar terunggul dalam perolehan suara sementara saat ini H Saidi Mansyur dan Habib Said Idrus Al Habsyi. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, MARTAPURA - Setelah sempat menolak menandatangani hasil pleno dan menyatakan ada kecurangan saat pemungutan suara Pilbup Banjar kemarin. Dua pasangan calon yang kalah suara di Pilbup Banjar yakin untuk bersengketa di MK.

Tim Hukum Pasangan Calon (Paslon) Bupati Banjar nomor urut dua Andin Sofyanoor dan Syarif Busthomi, Supiansyah Darham Jumat (18/12/2020) mengatakan saat ini sedang menyiapkan sejumlah berkas dan bahan untuk gugatan ke MK. Sejumlah dugaan pelanggaran dan indikasi kecurangan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilbup Banjar menjadi bahan utama untuk sengketa ke MK.

Permohonan gugatan ke MK jelas Supiansyah akan selesai pada hari ini juga.

Baca juga: Pleno Penetapan Hasil Pilgub Kalsel Kembali Diskors, Begini Pandangan Saksi Paslon BirinMu

"Insyaallah nanti malam selesai, dan langsung dikirim dan didaftarkan secara online dan menunggu sidang di MK," ujarnya.

Sebelumnya saat penetapan hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara saksi Paslon dua, Manhuri juga tak mau tandatangan dan menolak hasil pleno. Terangnya ada dugaan kecurangan terjadi, bahkan menurutnya pleno yang digelar KPU Banjar cacat secara formil dan materil. Indikasi pelanggaran ia paparkan terjadi seperti jumlah pemilih melebihi DPT dan itu terpantau disejumlah desa di Kecamatan Sambung Makmur, misalnya di Desa Batang Banyu, Desa Madurejo, Batu Gunung, Baliangin dan lainnya.

Tak berbeda dengan Paslon dua, Paslon tiga Rusli dan Fadlan Asy'ari juga akan melakukan gugatan ke MK. Terang tim hukumnya, Muhammad Rusdi pihaknya sedang menyiapkan gugatan ke MK.

"Insya Allah kalau tidak ada aral melintang, besok Hari Sabtu tanggal 19 Desember 2020, gugatan akan kita ajukan," jelas Muhammad Rusdi.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Paslon tiga, Chairil Anwar telah membeberkan sejumlah dugaan pelanggaran yang terjadi pada proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Kami menduga banyak sekali dugaan pelanggaran, bahkan terjadinya sangat terstruktur, sistematis dan masif," ungkapnya.

Usai pleno tingkat kemarin dalam tiga hari pasangan calon yang keberatan dengan hasil pleno bisa melakukan gugatan ke MK. Jika tidak ada maka akan dilakukan penetapan pemenang.

Hasil suara dalam Pilbup Banjar sendiri unggul Paslon satu Saidi Mansyur dan Said Idrus. Sementara di nomor urut perolehan suara terbanyak kedua diraih Rusli dan Fadlan Asy'ari sedangkan ketiga diraih Andin Sofyanoor dan Syarif Busthomi.
(Tribunkalteng.com/Milna Sari).

Penulis: Milna Sari
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved