Breaking News:

Berita Kapuas

MAN Kapuas Gelar Penilaian Akhir Semester Secara Daring

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas dilakukan secara daring. Kegiatan PAS yang dilaksanakan berjalan lancar

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Foto MAN Kapuas
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas dilakukan secara daring. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNAKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas dilakukan secara daring. Kegiatan PAS yang dilaksanakan berjalan lancar.

Ketua Pelaksana PAS MAN Kapuas, Heni Susanty mengatakan bahwa ulangan semester berlangsung selama 10 hari.

"Dilakukan secara daring oleh peserta didik melalui smartphone ataupun personal computer di rumah masing-masing," katanya, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Suara Masuk Hampir 90 Persen, Paslon Paman BirinMu Ungguli Paslon H2D Versi SiRekap KPU

Dilanjutkannya, pengalaman ulangan daring berbasis android pada tahun-tahun sebelumnya di MAN Kapuas menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaksanaan penilaian akhir semester kali ini.

“Alhamdulillah penilaian akhir semester di MAN Kapuas berjalan dengan
lancar hingga hari terakhir," ungkapnya.

Disampaikannya, beberapa hari sebelum pelaksanaan PAS secara daring, memang sudah melakukan try out untuk mengetahui ketahanan server.

Sebelumnya juga sudah menerapkan sistem ulangan daring berbasis android sehingga untuk tahun ini lebih siap menghadapi dan menangani hambatan yang ada.

Ditambahkannya, bahwa dalam pelaksanaan ulangan semester ini peserta didik dipantau oleh wali kelas dan dibantu salah seorang guru yang ditugaskan sebagai pengawas pada masing-masing kelasnya.

"Peserta didik, wali kelas, dan juga guru yang mengawas tergabung dalam satu grup WhatsApp sehingga di sinilah koordinasi dijalankan antara peserta didik dan pihak sekolah," tandasnya.

Dimana, lanjutnya, grup WhatsApp, digunakan untuk memantau kehadiran peserta didik, membagikan pengumuman, serta sebagai media untuk menyampaikan kendala yang dialami peserta didik serta cara penyelesaian dari proktor selama ulangan semester berlangsung.

Sementara itu, salah satu Tim Proktor MAN Kapuas, Bambang Irwandi, saat bertugas untuk penilaian akhir semester bahwa dari
hari pertama hingga akhir tidak terdapat hambatan yang berarti pada pelaksanaan ulangan kali ini.

"Teknisnya dengan membagikan link soal kepada peserta didik selanjutnya untuk masuk kehalaman soal peserta didik diminta login dengan mengisi username, password, dan kode soal terlebih dahulu, kalau sudah selesai mengerjakan wajib logout agar jawaban tersimpan di server," jelas Bambang. (Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved