Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

KPU Kalteng Gelar Pemungutan Suara Ulang di Sejumlah TPS di Tiga Kabupaten

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS pada tiga kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin

Tribunkalteng.com / faturahman
Ketua KPU Kalteng H Harmain 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGAKARAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah TPS pada tiga kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Kabupaten Barito Utara karena adanya pelanggaran.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, Minggu (13/12/2020) mengungkapkan, pihaknya, terpaksa melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) pada sejumlah TPS di tiga kabupaten tersebut lantaran adanya pelanggaran yang dilakukan di masing-masing TPS tersebut.

Ini, seperti di TPS 05 Desa Pasir Panjang, Kotawaringin Barat (Kobar) ditemukan adanya dua orang pemilih yang menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP-el yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPPh di TPS tersebut.

Baca juga: Rincian Jenis dan Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia

Selain itu pelanggaran juga terjadi di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara yakni, di TPS 06 Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru terdapat 4 orang pemilih yang menggunakan KTP-el dan 1 orang menggunakan suket, tidak terdaftar di DPT TPS 06 Desa Hajak dan tidak memiliki A5-KWK pindah memilih.

Demikian juga terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur, yang pelaksanaan PSU dilaksanakan Minggu (13/12/2020) karena adanya pelanggaran, di TPS 20, Ketua KPPS tidak melaksanakan sumpah janji anggota KPPS, surat suara Pilgub dan Pilbup sebelum diberikan kepala pemilih tidak dihitung secara keseluruhan, berdasarkan keterangan PTPS.

Bahkan, format form C hasil KWK terdapat perbedaan hasil terhadap jumlah surat suara yang digunakan untuk pemilih Pilgub 204 suara dan Pilbup 208 suara. "Juga terdapat beberapa pemilih dalam DPT yang masuk daftar hadir pemilih DPTB dan detail nama," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved