Breaking News:

Berita Kapuas

Dinas Perikanan Kapuas Kalteng Bantu Bioflok ke Warga

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mandiri Berjaya yang berlokasi di SMK Negeri 3 Kuala Kapuas rintis usaha budidaya ikan sistem bioflok.

Foto Dinas Perikanan Kapuas
Tim Dinas Perikanan mengecek kolam milik Pokdakan Mina Mandiri Berjaya beberapa waktu lalu 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mandiri Berjaya yang berlokasi di SMK Negeri 3 Kuala Kapuas rintis usaha budidaya ikan sistem bioflok.

Tim Dinas Perikanan Kapuas pun belum lama tadi melakukan kunjungan ke Pokdakan tersebut.

Saat kunjungan, sekalian menyerahkan bantuan paket budidaya perikanan sistem bioflok.

Bantuan diberikan yakni 16.000 ekor benih ikan nila, 4000 kilogram pakan ikan, dan paket bantuan sarana dan prasarana perikanan.

Baca juga: Tempat Rawan Penyebaran Covid-19 Palangkaraya Disemprot Disinfektan

Bantuan diserahkan Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati kepada Ketua Pokdakan Mina Mandiri Berjaya Daniel.

"Semoga bantuan tersebut bisa mendatangkan manfaat yang besar bagi Pokdakan yang menerima, bisa berdaya guna dan berhasil guna," ungkap Fatmawati, Jumat (11/12/2020).

Sementara itu, Ketua Pokdakan Mina Mandiri Berjaya, Daniel, mengungkapkan kelompoknya ingin mencoba menilik usaha pembesaran ikan melalui Bioflok.

"Kami mau coba rintis pembesaran ikan dengan sistem Bioflok karena akan lebih terjangkau dalam budidayanya," ungkapnya.

Sistem Bioflok sendiri memiliki banyak keuntungan mulai dari menghemat penggunaan lahan dan air, lebih ramah lingkungan, biaya produksi pakan hemat biaya, serta bisa menghambat hama penyakit pada ikan.

Kelompok ini juga diberikan kesempatan penuh untuk sharing mengenai sistem Bioflok dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas.

"Kami juga sebelumnya diminta melayangkan surat ke Dinas Perikanan supaya nanti direkomendasikan untuk belajar langsung teknis pembesaran ikan oleh BPBAT Mandiangin, semoga nanti kami bisa belajar banyak dengan mereka," pungkasnya.
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved