Breaking News:

Tips Kesehatan

Ini Cara Mencegah Penularan Covid-19 dengan Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) setelah sikat gigi banyak disarankan untuk membersihkan gigi dan mulut lebih maksimal.

Tribunkalteng.com / faturahman
Dalam mendeteksi Penularan Covid-19, petugas medis di Kalteng gencar melakukan pemeriksaan virus corona kepada warga menggunakan alat rapid test. 

TRIBUNKALTENG.COM - Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) setelah sikat gigi banyak disarankan untuk membersihkan gigi dan mulut lebih maksimal.

Di era pandemi Covid-19, manfaat obat kumur punya manfaat lebih.

Bahkan, selain 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun), menggunakan obat kumur juga jadi sarana pencegahan penularan Covid-19.

Pintu masuk Covid-19, sebelum masuk ke paru-paru, melalui mata, mulut dan hidung. Mengurangi jumlah virus di rongga mulut bisa dilakukan agar  virus tidak sampai ke paru-paru.

Apabila sudah sampai ke paru-paru inilah yang biasanya membuat batuk-batuk sampai sesak nafas.

Drg. Tritarayati, SH, MHKes, Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuturkan, selain di saluran pernapasan, banyak riset menunjukkan bahwa Covid-19 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur.

Baca juga: Mengenal Kencing Berbusa, Penyebab Serta Tips Menagatasinya

Hal ini harus diwaspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus.

Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen penyebaran Covid-19 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita .

Faktanya, virus penyebab Covid-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung, yang telah terdeteksi sebelum, selama, dan setelah fase akut penyakit, begitu juga dalam kasus tanpa gejala. 

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation menerangkan mengurangi jumlah virus di mulut dipercaya dapat membantu mengurangi penularan.

Halaman
123
Editor: Rahmadhani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved