Breaking News:

Tips Kesehatan

Mengenal Gejala Kanker Usus Besar serta Solusi Pengobatannya

Kanker usus besar adalah kanker yang terjadi pada usus besar dan ditandai dengan tumbuhnya benjolan yang tidak terkendali.

Editor: Rahmadhani
Pusat Green World
Ilsutrasi - Kanker usus 

TRIBUNKALTENG.COM - Kanker usus besar termasuk jenis kanker yang umum ditemukan dan dapat terjadi pada siapa saja.

Dibutuhkan kesadaran akan bahaya kanker usus besar perlu diketahui sejak dini agar dapat dicegah dan ditangani dengan cepat dan tepat.

Kanker usus besar adalah kanker yang terjadi pada usus besar dan ditandai dengan tumbuhnya benjolan yang tidak terkendali.

“Kanker ini berisiko terjadi pada segala usia, baik kelompok muda maupun tua. Pada kelompok usia muda, biasanya disertai gejala yang lebih buruk,” ujar dokter spesialis bedah digestif Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. dr. Wifanto Saditya Jeo, Sp.B-KBD saat temu media daring Siloam Hospitals, Sabtu (5/12/2020).

Dikatakannya, gejala awal kemunculan kanker usus besar ditandai dengan adanya benjolan kecil jinak berupa polip, yang dalam perkembangannya dapat bertransformasi menjadi ganas.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Susah Tidur alias Insomnia dengan Obat Tradisioal

Gejala lain yang dapat dialami antara lain dengan gangguan buang air besar (BAB) yang mengeluarkan darah, sembelit, atau diare tanpa sebab yang jelas. 

Seringkali juga diikuti dengan rasa sakit pada perut, mudah lelah, dan turunnya berat badan.

Kanker usus besar sering ditemukan pada rektum dan sigmoid.

Lokasi ini berada 5-15 cm di atas anus dan tumbuhnya kanker pada lokasi tersebut menganggu fungsi otot sfingter yang mengatur pembuangan kotoran seperti proses defekasi.

Berbagai teknik operasi dilakukan untuk mengobati kanker ini dan masih terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved