Breaking News:

Berita Sampit

Penyebaran Covid-19 Kotim Tinggi, Ini Pesan Plt Gubernur Kalteng

Penyebaran Covid-19 di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah hingga, Rabu (2/12/2020) masih tinggi sehingga Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah

Tribunkalteng.com / faturahman
Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT- Penyebaran Covid-19 di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah hingga, Rabu (2/12/2020) masih tinggi sehingga Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail vij Yahya, melakukan pertemuan dengan Satgas Penanganan virus corona di Bumi Habaring Hurung tersebut.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah, Habib Ismail, dalam rapat pembahasan peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur yang sekaligus melakukan pengecekkan Persiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, langsung ke Sampit.

Baca juga: Angkot Pulau Kupang - Kota Kualakapuas Mulai Beroperasi, Ini Harapan Dishub

Dia menyampaikan, perlunya peningkatan penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan melakukan upaya sosialisasi protokol kesehatan secara masif, terutama pembuatan poster-poster protokol kesehatan dan ditempelkan di pasar, dan lainnya.

Dia juga minta dipasang di fasilitas sosial seperti masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya, juga tempat-tempat usaha, dan tempat-tempat lainnya."Dalam Penanganan Covid-19 di Kotim selayaknya Satgas juga melibatkan RT dan RW serta tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh berpengaruh lainnya," ujarnya.

Dikatakan dia, para pihak tersebut selayaknya dilibatkan dalam pelaksanaano sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan."Menerapkan kembali pembatasan perjalanan dinas ke luar daerah (OPD, BUMN, Instansi Lainnya) juga harus dilakukan oleh Bupati," ujarnya.

Bukan hanya itu sebut, Wagub Kalteng ini, UMKM selayaknya difasilitasi dan diarahkan dalam pemenuhan sarana dan prasarana protokol kesehatan dalam menjalankan usahanya. "Misalnya, penyediaan fasilitas masker, tempat cuci tangan, disinfektan, dan lainnya kepada masyarakat atau kelompok masyarakat," ujarnya lagi.

Dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 juga harus dilakukan testing, tracing dan Treatment, sesuai dengan skala emergency dan zonasi per Kelurahan dab Desa, juga RW dan RT."Juga meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum Protokol Kesehatan sesuai dengan Peraturan Kepala Daerah yang sudah ditetapkan. (Tribunkalteng.com/ faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved