Breaking News:

Berita HSS

Buntut Jadi Kluster Baru Covid-19, Titipan Makanan di Rutan Kandangan Kalsel Distop

Pasca dinyatakannya 39 warga binaan di rutan Kandangan positif terpapar covid-19 tanpa gejala dan tiga pegawai juga terpapar, mendapatkan perhatian da

Tribunkalteng,.com/hanani
Kepala Rumah Tahanan Kandangan, saat memberikan keterangan pers terkait kluster baru covid-19 di lembaga tersebut, Selasa (24/11/2020). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Pasca dinyatakannya 39 warga binaan di rutan Kandangan positif terpapar covid-19 tanpa gejala dan tiga pegawai juga terpapar, mendapatkan perhatian dari Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan,

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Agus Toyib, Rabu (25/11/2020) siang mengatakan mengatakan terhadap pegawai dan maupun warga binaan yang terkena covid itu suoaya dilakukan perawatan dan isolasi yang tepat baik di RS baik dalam rutan.
Hal ini supaya membatasi akses penularan terhadap yang lain.

Menurutnya hal itu sudah dilakukan pihak rutan Kandangan.
"Dab sudah kita perintahkan untuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan atau Satgas Covid setempat. Dimana bagi teman-teman terkena bisa terpantau terus. Dan sudah swab massal disana atas atas dukungan satgas Covid dalam rangka memutus atau mencegah penularan lebih labnjut warga binaan dan pegawai," ucapnya.,

Baca juga: Dana Jaring Pengaman Sosial di Tanah Bumbu Kalsel Sudah Ditransfer ke Kantor Pos

Menurutnya Kepala rumah tahanan Kandangan sudah laporkan perkembangan dan sementara itu a ini titipan makanan di stop juga serta penerimaan tahanan dan napi yang sudah vonis pun distop .
"Lagi lock down dulu, petugas juga kita ingatkan agar selalu disiplin," paparnya.

Pihaknya pun masih menelusuri penyebab terpaparnya warga binaan apa karena bungkusan makanan, petugas lalai dan hal itu tampaknya sulit namun paling tidak pihaknya lakukan tracing misal memeriksa pegawai di dapur dan lainnya.

Sebelumnya, Kepala Rutan Kandangan Jeremia Leonta pada keterangan persnya di halaman Rutan, Selasa (224/11/2020) menjelaskan, dua petugas Rutan sedang dirawat di ruang isolasi RS H Hasan Basry Kandangan. Sedangkan satunya lagi dikarantina di eks gedung RSHHB samping Kantor DInkes HSS.

“Untuk 39 warga binaan yang positif, diisolasi di tiga kamar, masing-masing 15 orang dalam satu kamar. Jadi sudah dipisahkan dengan warga binaan yang negative dan reaktif,”jelas Jeremy.
(Tribunkalteng.com/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved