Breaking News:

Berita Palangkaraya

Antisipasi Banjir, Kapolsek Bukitbatu Palangkaraya Rutin Periksa Debit Air Sungai Rungan

Hujan lebat yang mengguyur Kota Palangkaraya, dalam beberapa hari belakangan tampak semakin sering demikian juga debit Air Sungai Kahayan

Tribunkalteng.com / faturahman
Petugas memeriksa debit air Sungai Kahayan dan Rungan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang terus naik, sehingga rawan meluber mengakibatkan banjir. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hujan lebat yang mengguyur Kota Palangkaraya, dalam beberapa hari belakangan tampak semakin sering demikian juga debit Air Sungai Kahayan maupun rungan juga tampak naik sehingga rawan meluap dan mengakibatkan banjir.

Ini kemudian mendapat perhatian, dari dari Polsek Bukitbatu dan sejumlah personil TNI dari Koramil 1016 -2 Bukitbatu dengan melakukan pengecekan debit air Sungai Rungan yang tampak meninggi, sehingga rawan air akan meluber hingga menggenangi jalan dan halaman rumah warga.

Kapolsek Bukitbatu, Iptu Muludin bersama personelnya terus melakukan pemantauan pada ketinggian debit air yang ada di wilayahnya.

Baca juga: Seusai Jerinx SID Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara, Nora Alexandra Justru Berterima Kasih

Muludin memimpin melakukan pengecekan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Rungan Pelabuhan Tangkiling di Jalan Pangkalima Jaya, Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukitbatu, Palangkaraya.

Diungkapkan, pemantauan tersebut dilakukan untuk memantau perkembangan maupun kerawanan yang berpotensi terjadi akibat meningkatkan debit air pada DAS tersebut, terutama potensi terjadinya banjir.

“Debit air DAS Rungan mengalami peningkatan, oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas maupun bermukim di kawasan ini agar waspada dan berhati-hati terutama jika air meluap,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir, Muludin bersama personelnya pun segera mempersiapkan rencana penanganan maupun evakuasi kepada masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

“Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap ketinggian debit air, apabila nantinya terjadi banjir maka kami bersama Koramil 1016-2 Bukitbatu dan Polresta Palangkaraya siap membantu masyarakat untuk evakuasi,” ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved