Breaking News:

Tanaman Hias

Ingat, Ini Kesalahan Saat Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Berikut penjelasan Tian, praktisi tanaman hias dan pemilik Tanam Ijo Ijo, hindari kesalahan saat rawat tanaman hias.

Editor: Nia Kurniawan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi tanaman di dalam rumah.Berikut penjelasan Tian, praktisi tanaman hias dan pemilik Tanam Ijo Ijo, hindari kesalahan saat rawat tanaman hias. 

TRIBUNKALTENG.COM - Merawat tanaman hias perlu kamu ketahui seutuhnya, terutama untuk tanaman yang diletakkan di dalam ruangan alias tanaman hias indoor.

Ya, merawat tanaman hias dan menjadikannya dekorasi di dalam rumah telah menjadi aktivitas yang banyak digandrungi masyarakat saat pandemi virus corona berlangsung.

Ada beberapa hal yang mungkin kita anggap biasa-biasa saja justru menjadi ancaman bagi tanaman hias.

Lalu kesalahan apa yang harus dihindari saat menanam tanaman hias? Berikut penjelasan Tian, praktisi tanaman hias dan pemilik Tanam Ijo Ijo ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Ramalan Zodiak Minggu 8 November 2020 : Sagitarius Terancam Putus Asa, Cancer Awas Kesehatan

Baca juga: Dari Aglonema sampai Sirih Gading, 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ada Dalam Rumah

"Kesalahan yang harus hindari itu jangan sering menyiram. Orang pinginnya nyiram-nyiram tanaman terus, itu sebenarnya salah," ujar Tian.

Tanaman hias yang ditempatkan tidak di matahari langsung seperti di teras rumah atau dalam ruangan lainnya dikatakan Tian tidak perlu untuk sering disiram.

Alasan tanaman hias yang tak terkena matahari langsung tidak perlu disiram adalah kelembaban media tanaman sudah lembab.

Oleh karena itu, menyiramnya harus lebih jarang.

"Beda halnya dengan tanaman yang kena matahari langsung itu kan media cepat kering. Nah itu diperlukan sehari dua kali untuk disiram, tapi kalau enggak terkena sinar matahari itu 3-4 hari baru disiram juga cukup," tambahnya.

Jika tanaman hias dalam ruangan sering disiram itu dapat berakibat fatal, yang mana menjadikan tanaman langsung layu dan akarnya membusuk.

Selain itu, meletakkan tanaman hias ke sinar matahari langsung secara mendadak menjadi kesalahan lainnya.

"Orang suka tanamannya main jemur aja ke matahari, padahal tanaman kayak gitu tidak menahan matahari langsung. Kan biasanya orang taruh tanaman di indoor atau teras teduh, kalau tiba-tiba dijemur itu kaget karena tidak biasa dengan matahari langsung, bisa gosong dalamnya," pungkasnya.

Baca juga: Daftar Harga Tanaman Hias Aglonema, ini Penampakan 4 Jenis yang Bernilai Mahal

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Kesalahan Saat Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan".

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved