Breaking News:

Berita Sukamara

Kabupaten Sukamara Kembangkan Peternakan Sapi, Dukung Program Food Etate Kalteng

Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah turut serta dalam upaya pengembangan food estate salah satunya dengan mengembangkan peternakan sapi

Dinas Kominfo Kalteng untuk BPost
Lokasi peternakan sapi pendukung food estate di Kabupaten Sukamara, Kalteng. 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM, SUKAMARA - Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah turut serta dalam upaya pengembangan food estate salah satunya dengan mengembangkan peternakan sapi di kabupaten tersebut.

Kabupaten Sukamara merupakan pecahan kabupaten pemekaran Kotawaringin Barat.

Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya, meninjau lokasi peternakan sapi di Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, Jumat (30/10/2020), yang jarak tempuh menuju lokasi tersebut sekitar 17 km dan waktu tempuh sekitar 30 menit melalui jalur darat menggunakan kendaraan bermotor.

Kabupaten Sukamara selama ini fokus mengembangkan bidang peternakan dalam mendukung Program Food Estate di Provinsi Kalteng.

Baca juga: Pengembangan Pelabuhan Bahaur untuk Food Estate Kalteng Memerlukan Dana Rp 36 M

Baca juga: Tim Watannas RI Pantau Lokasi Food Estate di Kalimantan Tengah, Dapatkan Fakta ini

Luas hutan produksi di Kecamatan Lunci-Jelai yang sudah mendapatkan izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pengembangan lokasi ternak sapi mencapai 20.000 hektare.

Sementara itu, jenis sapi yang dikembangkan sapi eksotik Australia Brahman Cross.

Di samping itu, pemberdayaan masyarakat setempat juga dilakukan untuk mengembangkan peternakan sapi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, yakni pengusaha lokal maupun nasional dan Pemerintah Kabupaten Sukamara guna mempercepat pengembangan peternakan sapi.

“Padang savana yang luas, makanan sapi sudah tersedia tanpa dicari lagi, sapi di Sukamara menjadi sapi pertama di Kalteng yang luar biasa. Ini baru 900 ekor sudah begitu indah pemandangannya, apalagi nanti 20.000 ekor,” ujar Habib Ismail.

Baca juga: Dukung Pengiriman Logistik Food Estate Kalteng, Pemerintah Siapkan Dermaga Batanjung dan Bahaur

Menurut Plt Gubernur Kalteng ini  direncanakan Presiden RI Joko Widodo akan hadir ke Sukamara untuk meresmikan peternakan sapi tersebut.

"Insha Allah Bulan Desember, setelah Pilkada nanti, Bapak Presiden  Joko Widodo, akan berkunjung ke Sukamara untuk meresmikan ranch sapi," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved