Breaking News:

Berita Balangan

Kepergok Curi Burung, MA Diamankan Anggota Polsek Halong Balangan Kalsel

Seorang residivis berinisial MA (19) di wilayah Kecamatan Halong kembali diamankan oleh anggota Polsek Halong, Polres Balangan, Rabu (28/10/2020) kema

Editor: edi_nugroho
Foto kiriman Polsek Halong
Tersangka pencuri burung di Desa Halong diamankan anggota Polsek Halong, Kabupaten Balangan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN- Seorang residivis berinisial MA (19) di wilayah Kecamatan Halong kembali diamankan oleh anggota Polsek Halong, Polres Balangan, Rabu (28/10/2020) kemarin.

Penangkapan yang dilakukan karena diketahui, MA mencuri dua ekor burung milik Bambang, yang merupakan warga Desa Halong.

Setelah dilakukan penyelidikan di lokasi kejadian dan berdasarkan keterangan saksi, nama MA terseret pada kasus pencurian tersebut. Bahkan saat penangkapan, barang bukti pun didapati.

Baca juga: Unik, Peringatan Maulid Nabi di Ulu Benteng Batola Dapat Dua Kali Hidangan

Dua ekor burung milik Bambang beserta kandangnya ditemukan di rumah MA. Burung yang dicuri ialah burung jenis Cicak Hijau dan seekor burung Black Throat.

Siapa sangka, karena mencuri burung, membuat MA harus bertanggung jawab atas tindakannya. Bahkan lelaki tersebut langsung diamankan di Polsek Halong kemudian diserahkan ke sel tahanan di Polres Balangan.

Kapolsek Halong, Iptu Krismianto menerangkan, penangkapan terhadap MA dilakukan setelah laporan dari Bambang yang kehilangan burung. Bambang menyadari burungnya tidak ada saat ingin memandikan dua hewan tersebut. Diketahui pula, saat malamnya, sangkar berisi burung itu digantung pada teras rumah.

"Korban baru menyadari burungnya hilang saat hendak memandikan kedua burung tersebut. Kemudian bergegas memberikan laporan ke Polsek Halong," ucap Iptu Krismianto, Kamis (29/10/2020).

Akibat peristiwa tersebut korban mengalami total kerugian sebesar Rp 4.800.000.

Sementara itu, setelah penyelidikan, keberadaan MA pun diketahui oleh pihak kepolisian. Bahkan MA diamankan di depan rumah Bambang yang kemudian dibawa ke Polsek Halong.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni sekor burung jenis Cicak Hijau berwarna hijau beserta sangkarnya yang terbuat dari kayu berwarna coklat tua yang terdapat ukiran naga pada bagian atas.

Selain itu sekor burung jenis Black Throat berwarna abu - abu kecoklatan beserta sangkarnya yang terbuat dari kayu berwarna hitam kombinasi coklat kekuningan terdapat ukiran pada bagian atas.

Tindak kriminal yang dilakukan MA membuat ia terjerat kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 5 KUHPidana.(Tribunkalteng.com/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved