Wabah Corona Kalsel

Dinkes Banjarmasin Kalsel Tak Rekomendasikan Penggunaan Hand Sanitizer, Pakai Sabun Saja

Sejak adanya pandemi Covid-19, masyarakat pun menjadi lebih akrab untuk menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Editor: edi_nugroho
Tribunkalteng.com/Frans Rumbon
Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Sejak adanya pandemi Covid-19, masyarakat pun menjadi lebih akrab untuk menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Hand sanitizer kerap menjadi pilihan masyarakat, karena bisa menjadi alternatif selain membersihkan tangan menggunakan air dan juga tentunya lebih simpel.

Begitu simpel menggunakannya, kerap hand sanitizer pun bisa dibuat di dalam tas atau saku sehingga bisa dibawa kemana saja.

Baca juga: Kepergok Curi Burung, MA Diamankan Anggota Polsek Halong Balangan Kalsel

Meskipun demikian, membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer ini ternyata tidaklah direkomendasikan.

"Hand sanitizer itu kan menggunakan zat kimia, alkohol dan sebagainya. Kalau itu sering digunakan pada tangan, bisa menyebabkan iritasi dan lainnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi.

Machli menambahkan bahwa pihaknya pun saat ini berupaya untuk menumbuhkan kebiasaan masyarakat Banjarmasin untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir.

"Kita ingin membangun kebiasaan masyarakat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Beda sekali rasanya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, daripada menggunakan hand sanitizer. Kita ingin perlahan menggiring masyarakat untuk meninggalkan hand sanitizer karena itu sebenarnya hanya alternatif saja apabila tidak ada sarana cuci tangan menggunakan sabun dan air," katanya.

Disinggung apakah saat ini di Banjarmasin sudah ada muncul laporan terkait dengan dampak dari penggunaan hand sanitizer, Machli pun tak menampiknya.

"Sejauh ini memang keluhan tanpa dilakukan penelitian, dalam artian berapa jumlahnya kita tidak menghimpun. Tapi banyak juga orang yang mengeluh sudah, artinya menggunakan hand sanitizer apakah barangkali bahannya yang tidak sesuai, tapi keluhan yang kami terima itu adalah permukaan tangannya panas dan kering sehingga mudah terjadi iritasi," pungkasnya.(Tribunkalteng.com/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved