Breaking News:

Berita Palangkaraya

Puluhan Relawan Pemadam Kebakaran Palangkaraya Dilatih Kemampuan Memadamkan Api

Puluhan relawan pemadam kebakaran di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah diberikan pelatihan dalam meningkatkan

Foto Pusdalop Kalteng
Tim Relawan dan petugas Pusdalops BPBD Kalteng saat melakukan koordinasi untuk pemadaman kebakaran lahan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Puluhan relawan pemadam kebakaran di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah diberikan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memadamkan kebakaran lahan dan hutan.

Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan Tahun 2020, untuk meningkatkan kemampuan relawan tersebut.

Meski kondisi Kaleng hingg, Rabu (28/10/2020) masih sering turun hujan, namun pantauan di Palangkaraya masih banyak lahan yang kering dipinggiran kota yang berpotensi atau rawan terbakar sehingga perlu terus dipantau agar tidak terbakar.

Baca juga: Libur Panjang, Warga Banjarmasin Kalsel Berharap Siring Piere Tendean Dibuka

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah, mengatakan, Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam satuan pemadam kebakaran hutan, lahan dan perkebunan.

"Kami ingin mewujudkan kesiapsiagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran, sedangkan yang ingin dicapai adalah terlatihnya anggota personel pemadam, terorganisasinya sumber daya peralatan dan terciptanya koordinasi dan kolaborasi antar personel pemadam kebakaran dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan, lahan dan perkebunan," ujarnya.

Dia mengatakan, Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan untuk mewujudkan peningkatan kemampuan, keterampilan, kekompakan, kedisiplinan dan kesiapsiagaan serta pemahaman SOP pelaksanaan kegiatan pemadaman di lapangandalam penanganan bencana."Tentu mengedepankan prinsip-prinsip pengurangan resiko bencana kebakaran hutan, lahan dan perkebunan," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved