Breaking News:

Berita Kapuas

Kapuas Terima Penghargaan Kabupaten Paling Inspiratif dan Replikatif

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten paling inspiratif dan replikatif.

Tribunkalteng.com/Fadly SR
Pemerintah Kabupaten Kapuas mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten paling inspiratif dan replikatif dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2020 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten paling inspiratif dan replikatif.

Yakni dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2020. Penghargaan diterima langsung Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor.

Penghargaan diterima diantaranya sebagai Kabupaten paling inspiratif tahun 2020 atas kinerja dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2020.

Baca juga: Libur Panjang Satgas Imbau Masyarakat Aktivitas di Rumah, Wiku Ingatkan Protokol 3M Aman Covid-19

Kemudian penghargaan sebagai peringkat II penurunan stunting untuk aksi 5-8 tahun 2019.

Penghargaan selanjutnya yaitu sebagai Kabupaten paling replikatif tahun 2020 dan peringkat III dalam hal pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2020 (aksi 1-4 Tahun 2020).

Penghargaan ini didapatkan tidak lepas dari peran Kepala Daerah dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam berkomitmen bersama guna menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kapuas, Ahmad M Saribi, Selasa (27/10/2020) menjelaskan dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting, Pemerintah Kapuas telah mengeluarkan beberapa instruksi.

Diantaranya secara masif kepada instansi terkait untuk melakukan gerakan terencana dengan target implementasi perihal penurunan angka stunting.

Kemudian hal lainnya yang dilakukan, adalah dengan pembangunan sarana air bersih (sumur bor) dan sarana sanitasi (WC/jamban sehat dan kamar mandi) di setiap rumah penduduk di wilayah titik sampling yang telah ditetapkan dengan diprioritaskan menggunakan Dana Desa dan Dana Kelurahan.

"Pemerintah Kabupaten Kapuas juga menetapkan nama Desa/Kelurahan prioritas sebagai lokasi sasaran prioritas pencegahan dan penanganan stunting, baik intervensi spesifik maupun sensitif oleh semua Stakeholder dan Perangkat Daerah terkait," ungkap Saribi.

Dirinya pun menambahkan penghargaan yang diterima Kabupaten Kapuas ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

"Juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan upaya penurunan stunting di wilayah Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved