Breaking News:

Berita Ekonomi

Jelang Cuti Bersama 2020, Perbankan Tingkatkan Dana Transaksi di ATM

Oktober 2020 diakhiri libur panjang dalam rangka cuti bersama, yang dilaksanakan 28-30 Oktober 2020. Dilanjutkan libur akhir pekan pada 31 Oktober d

Tribunkalteng.com/Mariana
Transaksi nasabah di Bank BTN Banjarmasin. Mariana. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Oktober 2020 diakhiri libur panjang dalam rangka cuti bersama, yang dilaksanakan 28-30 Oktober 2020. Dilanjutkan libur akhir pekan pada 31 Oktober dan 1 Nopember 2020.

Pada penerapan cuti bersama tersebut, perbankan telah mengantisipasi peningkatan transaksi di ATM maupun mobile banking maupun e-channel masing-masing bank.

Branch Manager BTN Banjarmasin, Cahya Pribadi Putra mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan dana transaksi di ATM senilai Rp 10 miliar.

Baca juga: Polda Kalteng Siapkan Kendaraan Uji Praktek Pembuatan SIM B1 dan B2

"Dana tersebut dengan asumsi penarikan per hari dari nasabah sekitar Rp 1,5 hingga 2 miliar. Demi memudahkan nasabah, Bank BTN Banjarmasin menyediakan sejumlah mesin ATM dan CRM atau setor tunai sebanyak 24 unit," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (27/10/2020).

Selain itu ia menambahkan, memudahkan layanan ke nasabah Bank BTN menyediakan layanan e-channel BTN melalui Mobile dan Internet Banking. Terkait aplikasi BTN Digital Solution untuk pembukaan rekening online, saat ini sedang dilakukan pembenahan sistem.

Sementara untuk ATM yang tertelan atau terblokir, nasabah atau penggunanya dapat melaporkan ke contact center BTN 1500286.

Senada, Pimpinan Cabang BNI Banjarmasin, Jhody Aditya Wardhana mengantisipasi transaksi cuti bersama atau libur selama lima hari tersebut, yakni menyediakan dana sebesar Rp 15 miliar, dengan asumsi perhari terjadi transaksi Rp 2 hingga 3 miliar, dengan total 118 ATM yang tersebar di Banjarmasin.

Pihaknya juga mengimbau nasabah memaksimalkan E-Channel yakni SMS Banking dan Mobile Banking. Juga penggunaan Kartu ATM sebagai Kartu Debit untuk berbelanja di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BNI.

"Di sisi lain, kartu ATM tidak hanya berfungsi sebagai penarikan saja. Tapi juga berfungsi sebagai kartu debit. Artinya bisa untuk untuk belanja di merchant-merchant yang sudah bekerjasama dengan BNI," ucapnya.

Halaman
12
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved