Breaking News:

Wabah Corona Kalsel

Bebas Zona Merah Covid-19, Ini Empat Indikator Zonasi Kelurahan di Banjarmasin

Dua kelurahan terakhir di Banjarmasin yang berstatus zona merah yakni Kelurahan Seberang Masjid dan Sungai Miai, kini dinyatakan sudah berubah status

Tribunkalteng.comFrans Rumbon
Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM BANJARMASIN - Dua kelurahan terakhir di Banjarmasin yang berstatus zona merah yakni Kelurahan Seberang Masjid dan Sungai Miai, kini dinyatakan sudah berubah status menjadi zona hijau Covid-19.

Hal ini ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Berubahnya status Kelurahan Seberang Masjid dan Sungai Miai menjadi zona hijau Covid-19, maka kini sudah tidak ada lagi kelurahan di Banjarmasin yang berstatus zona merah Covid-19.

Dengan demikian maka target GTPP Covid-19 dan juga Pemko Banjarmasin untuk membebaskan seluruh kelurahan dari zona merah Covid-19 di akhir Oktober 2020 pun terwujud.

Baca juga: Jelang Cuti Bersama 2020, Perbankan Tingkatkan Dana Transaksi di ATM

Meskipun demikian, bukan berarti kasus Covid-19 di Banjarmasin pun sudah tidak ada, bahkan berdasarkan data terbaru dari Dinas Kesehatan Banjarmasin dari total kasus yakni 3498, tercatat ada 94 kasus aktif, kemudian 3168 sembuh dan meninggal 164.

Dari data tersebut, tercatat saat ini maih ada sebanyak 12 kelurahan berstatus zona kuning dan sebanyak 40 kelurahan berstatus zona hijau.

Baca juga: Jelang Cuti Bersama 2020, Perbankan Tingkatkan Dana Transaksi di ATM

Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi menerangkan penetapan zonasi ini berdasarkan empat indikator dan yang menjadi rujukan adalah Keputusan Menteri Dalam Negeri yang dikombinasikan dengan buku pedoman kelima.

Adapun empat indikator yang dimaksud adalah tidak adanya penambahan kasus suspek dan probable, tidak adanya tambahan kasus konfirmasi positif, tidak ada tambahan kasus meninggal Covid-19, kemudian tidak adanya tenaga kesehatan yang terpapar atau terinfeksi di suatu kelurahan.

"Semua indikator tersebut dievaluasi selama 14 hari lamanya," ujar Machli Riyadi yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin ini.

Meskipun saat ini seluruh kelurahan di Banjarmasin sudah terbebas dari zona merah Covid-19, namun Machli menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Mari sama-sama kita menjaga kondisi Banjarmasin ini dengan tetap mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh kita. Terima kasih kepada semua masyarakat, TNI, Polresta dan juga Satpol PP yang juga sudah bersama-sama menghijaukan Banjarmasin," tutupnya.(Tribunkalteng.com/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved