Breaking News:

Berita Palangkaraya

Turunkan Penularan Covid-19, Satgas Palangkaraya Memperketat Pelaksanaan Surveillance

Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (25/10/2020) sudah masuk zona orange dari awalnya zona merah sehingga untuk terus menurunkan penyebaran C

Tribunkalteng.com
Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangkaraya tetap memperketat pengawasan Protokol Kesehatan dengan melakukan beberapa cara diantaranya Operasi Yustisi dengan mengenakan sanksi sosial atau denda kepada pelanggar. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (25/10/2020) sudah masuk zona orange dari awalnya zona merah sehingga untuk terus menurunkan penyebaran Covid-19 Satgas Penanganan virus corona memperketat pelaksanaan surveilance.

Zona Orange artinya Wilayah penyebaran Covid-19 di Kota Palangkaraya dengan tingkat resiko penyebaran kategori sedang.Bahkan, sejak tanggal 21 Oktober 2020 nilai RT atau Reproduction Number berada di angka 0,8. Nilai RT di bawah 1, tingkat penularan hampir 0 atau masih di bawah 1.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, menjelaskan, ketika RT kurang dari 1 artinya potensi menularkan covid-19 pada orang lain sudah hampir tidak ada."Endemis terjadi dalam kelompok masyarakat, untuk RT lebih 1 artinya wabah terus bertambah, serta 1 orang berpotensi menularkan pada 2 sampai 3 orang,” ujarnya.

Baca juga: Penegakkan Perwali Kota Palangkaraya, Tak Bermasker Diberikan Sanksi Sosial

Kepala BPBD Kota Palangkaraya ini mengungkapkan, Pengamatan RT idilakukan dalam waktu 14 hari atau dalam masa inkubasi penyakit yang jika selama 14 hari konsisten pada angka kurang dari 1, maka penularan di wilayah tersebut berdasarkan kajian epidemiologinya dikatakan menurun atau dianggap sudah hilang.

Sebab itu, pihaknya, dalam kondisi saat ini akan terus menjaga agar penularannya bisa di perkecil lagi."Dalam kondisi seperti ini, aktivitas masyarakat dapat dimulai dengan aktivasi sistem surveillance yang dikontrol ketat dari dinas kesehatan,’ ujarnya.

Satgas penanganan Covid-19 Kota Palangkaraya melakukan upaya pencegahan dini dengan melakukan aktivasi sistem surveillance ketat melalui Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya.

"Palangkaraya sudah masuk zona orange, protokol kesehatan harus masif dijalankan dalam mempertahankan kondisi yang ada sebagai langkah menuju zona hijau," ujarnya lagi. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved