Breaking News:

Berita Banjarmasin

Anggota KPPS di Banjarmasin Bakal Dirapid Test

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pilkada Banjarmasin 2020 dipastikan akan menjalani rapid test.

Tribunkalteng.com/Frans Rumbon
Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, M Taufiqurrakhman. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pilkada Banjarmasin 2020 dipastikan akan menjalani rapid test.

Pasalnya KPU Banjarmasin mewajibkan mereka yang akan menjadi anggota KPPS ini untuk menjalani rapid test, alias menjadi salah satu persyaratan.

Terlebih seperti diketahui bahwa Pilkada yang akan digelar serentak pada 9 Desember 2020 ini kemungkinan besar masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Proyek Tiga Jembatan di Banjarmasin Kalsel Belum Kantongi Izin

Dan hal ini pun juga sudah tertuang melalui Keputusan KPU RI Nomor 476/pp.04.2-Kpt/01/X/2020 tentang perubahan kedua atas Keputusan KPU nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang pedoman teknis pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan Panitia Pemungutan Suara Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Iya, anggota KPPS akan dilakukan rapid test dan rencananya akan dilakukan pada November 2020," ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, M Taufiqurrakhman.

Selain memang sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 476, Taufiq menerangkan hal ini dilakukan untuk melakukan screening.

"Ini sebagai upaya screening sejak awal, dan mudah-mudahan hasilnya bagus," katanya.

Disinggung apabila nantinya berdasarkan pemeriksaan rapid test ada anggota KPPS yang reaktif, Taufiq memastikan tidak lantas dianggap gugur.

"Kalau memang ada yang hasilnya reaktif, maka hanya akan diistirahatkan atau isolasi terlebih dahulu dan kita tidak akan mengganti," tutupnya.

Proses perekrutan anggota KPPS oleh KPU Banjarmasin sendiri baru-baru ini rampung, yang mana totalnya adalah 10.791 orang.

Sebanyak 10.791 orang ini akan disebar ke 1199 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banjarmasin. Dan setiap TPS akan terdiri atas tujuh anggota KPPS dan juga dua petugas keamanan dan ketertiban .(Tribunkalteng.com/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved