Breaking News:

Berita Kapuas

Rutan Kelas IIB Kualakapuas Canangkan Program Ketahanan Pangan Resolusi Permasyarakatan

Rutan Kelas IIB Kualakapuas dijadwal kegiatan pencanangan program ketahanan pangan resolusi permasyarakatan pada Senin (19/10/2020).

tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Kepala Rutan Kelas IIB Kualakapuas Toni Aji Priyanto 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Rutan Kelas IIB Kualakapuas dijadwal akan melaksanakan kegiatan pencanangan program ketahanan pangan resolusi permasyarakatan tahun 2020 pada 19 Oktober 2020.

Yang mana nantinya direncanakan akan dihadiri oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Permasyarakatan, Hendra Eka Putra.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Kualakapuas, Toni Aji Priyanto. Ia menjelaskan bahwa saat kegiatan tersebut nantinya juga akan diadakan kegiatan bazar hasil produksi di masa pandemi oleh para warga binaan.

"Diantaranya yakni beras siam kuning, budidaya ikan air tawar, holtikultura, dan handy craft (kerajinan tangan)," katanya, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Sambang Warga, Anggota Polsek Pulau Petak Sosialisasikan Larangan Membakar Lahan

Baca juga: Unik, Pisang Buah Seribu Ada di Kupang Tapin Kalsel

Baca juga: Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin di Tengah Pandemi, Begini Tanggapan Pengunjung

Selain itu kegiatan nanti akan dirangkai juga dengan peresmian ruang konseling program rehabilitas Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) narkoba.

Lalu peresmian pondok jamur dan melakukan perjalanan open camp Bunga Mawar untuk melihat tanam perdana dan peninjauan area pertanian seluas 25 hektare di Bunga Mawar Handel Gabin, Kecamatan Pulau Petak.

Dikatakan Toni pihaknya nantinya juga akan melaksanakan penandatanganan Memory of Understanding (MoU).

Yaitu dengan Dinas Pertanian Kapuas, Dinas Perikanan Kapuas, Disdagperinkop Kapuas dan Kelompok masyarakat peduli permasyarakatan Desa Bunga Mawar dengan tujuan meningkatkan kualitas WBP Rutan.

"Ruang lingkup kerjasama dalam nota kesepakatan ini adalah kegiatan pembinaan dan kemandirian bagi warga binaan," ungkapnya.

Yakni, lanjutnya, dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan resolusi permasyarakatan tahun 2020 dengan harapan meningkatkan kualitas WBP menjadi SDM yang unggul.

Pun juga meningkatkan jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui hasil produksi WBP.

"Tentunya pula mendukung program food estate di wilayah Kabupaten Kapuas sebagai lumbung pangan nasional," ungkap Toni.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved