Breaking News:

Berita Palangkaraya

Menengok Pekerja Pembersih Rotan di Desa Telaga Biru Sampit Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah

Kabupaten Kotawaringin Timur yang beribukota di Sampit, Kalimantan Tengah, sejak dulu dikenak sebagai salah satu kabupaten penghasil rotan

Tribunkalteng.com/ faturahman
Pembersih rotan di Desa Telaga Biru Kecamatan Mentawa baru ketapang, saat asyik mengerjakan pekerjaanya. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Kabupaten Kotawaringin Timur yang beribukota di Sampit, Kalimantan Tengah, sejak dulu dikenak sebagai salah satu kabupaten penghasil rotan atau yang warga setempat menyebutnya dengan pekat.

Bagi sebagian warga Kotim, sejak dulu selaian menanam karet di kebunnya, mereka juga memanfaatkan rotan yang hidup atau tumbuh disekitar tanaman karet. Rotan merupakan tanaman ikutan yang hingga saat ini masih banyak di hutan Kalimantan Tengah.

Penglolaan kabun rotan di Sampit selama ini kebanyakan merupakan kebun rakyat yang pengelolaanya pun dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan mengandalkan pihak keluarnnya sendiri untuk membantu.

Baca juga: Indocement Plant Tarjun Kotabaru Beri Pelatihan Penanganan Bidang K3 untuk Warga di Desa Binaan

Rotan hasil kebun rakyat ini biasanya dibeli oleh pengepul atau pengumpul yang membeli dari kebun warga yang kemudian mempekerjakan keluarga sendiri untuk memberihkan rotan hingga mengangkut dangepaknya untuk di jual kepada pemilik pabrik pengolahahan rotan.

Seperti yang ada di Desa Telaga Biru Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, saat mengunjungi, pengepul rotan setempat, pembersih rotan yang telah puluhan tahun bekerja tampak menikmati dengan pekerjaanya.

Salah satu pembersih rotan Sampit, bernama Maryati, saat ditemui,akhir pekan tadi mengatakan, dia sudah puluhan tahun bekerja membersihkan rotan untuk membantu keluarganya yang memiliki usaha tersebut.

Dia mengatakan, bekerja memberihkan rotan merupakan pekerjaan yang dilakukannya sejak lama secara turun -temurun."Saya menikmati saja pekerjaan ini, karena ini juga membantu usaha keluarga, anak saya juga ada yang dipekerjakan disini," ujarnya. (Tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved