Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Antusias Masyarakat Pondok Damar, Sambut Ben Bahat dengan Prosesi Adat Dayak

Kehadiran Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat di Desa Pondok Damar, Kabupaten Barito Timur mendapat sambutan meriah dari masyaraka

Tribunkalteng.com/faturahman
Kehadiran Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat di Desa Pondok Damar, Kabupaten Barito Timur mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM-Kehadiran Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat di Desa Pondok Damar, Kabupaten Barito Timur mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat.

Berbagai prosesi adat Dayak juga turut menghiasi kedatangan Cagub nomor urut satu itu.

Ketika Ben Bahat dan rombongan baru turun dari kendaraannya. Mereka langsung disa Tarian Burung Tinggang oleh para gadis Desa Pondok Damar.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Tepung Tawar yang dipimpin oleh tokoh adat Pondok Damar, Pisor Entil Luwi. Satu persatu prosesi adat dilalui oleh Ben Bahat dan disaksikan dengan penuh antusias oleh masyarakat.

Baca juga: Blusukan Cagub Sugianto di Sampit Mendapat Pengamanan Brimob Polda Kalteng

Pisor Luwi mengatakan setiap prosesi adat yang dijalani punya makna tersendiri. Tarian Burung Tinggang, kata Luwi, bermakna sambutan selamat datang untuk tamu spesial.

"Burung Tinggang adalah satwa khas Kalimantan. Burung yang sudah hidup ribuan tahun lamanya. Tarian ini zaman dahulu biasa digunakan untuk menyambut tamu-tamu kerajaan yang terhormat. Sekarang digunakan untuk menyambut tamu spesial seperti Pak Ben Bahat ini," ujar Luwi.

Sedangkan untuk Tepung Tawar. Luwi menjelaskan jika maknanya adalah si tamu tersebut sudah diterima baik oleh tuan rumah.

"Artinya Pak Ben dan rombongan kita terima baik kedatangannya di sini. Juga kami bersama-sama masyarakat merestui majunya Pak Ben dan Pak Ujang sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng," kata Luwi. (Tribunkalteng.com/faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved