Breaking News:

Berita Palangkaraya

Dukung Pengiriman Logistik Food Estate Kalteng, Pemerintah Siapkan Dermaga Batanjung dan Bahaur

Pemprov Kalteng menyiapkan dua pelabuhan laut untuk mendukung sarana dan prasarana pengangkutan hasil pertanian di kawasan Food Estate

Tribunkalteng.com/ faturahman
Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail bin Yahya. 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan dua pelabuhan laut untuk mendukung sarana dan prasarana pengangkutan hasil pertanian di kawasan Food Estate Kapuas dan Pulang Pisau.

Dua pelabuhan laut tersebut akan dibenahi untuk mendukung infrastruktur dalam pengiriman hasil produksi pertanian di Kawasan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau yang menjadi lokasi ketahanan pangan yang digarap oleh Pemerintah Pusat.

Plt. Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya, saat menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi secara virtual di Palangkaraya, menjelaskan tentang rencana outlet transportasi untuk mendukung lumbung pangan Nasional (Food Estate) di Kalteng.

Habib Ismail Bin Yahya, menyatakan, dia sangat bersyukur Kalteng bisa menjadi penopang ketahanan pangan Nasional, sehingga pihaknya juga telah mempersiapkan sarana untuk menunjang mobilitas hasil atau pengembangan Food Estate fasilitas antara lain adanya Pelabuhan di Bahaur maupun Dermaga Batanjung.

Baca juga: Plt Gubernur Kalteng Ajak Anak Muda Berperan Sukseskan Program Food Estate

Baca juga: Direktur TSDP Tinjau Dermaga Muara Dadahup Kapuas, Dukung Program Food Estate

Baca juga: Kecamatan Bataguh Gelar Sosialisasi PTSL Tunjang Program Food Estate Kapuas

Untuk itu sebut Ismail, pihaknya juga merekomendasikan peningkatan infrastruktur pendukung program tersebut, dengan meminta perbaikan alur sungai meliputi pemeliharaan dan pemanfaatan alur pelayaran anjir atau terusan karena enam terusan belum termanfaatkan secara optimal.

Pihaknya juga merekomendasikan peningkatan manajemen lalu lintas angkutan sungai serta meningkatan fasilitas dermaga sungai.

"Selama ini telah ada 5 Dermaga terdiri dari 1 Dermaga di Kabupaten Pulang Pisau dan 4 Dermaga di Kabupaten Kapuas”, ujar Ismail, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Jokowi Datang Ke Lokasi Food Estate Kalteng Didamping Jenderal TNI Moeldoko

Lebih lanjut Habib Ismail Bin Yahya menjelaskan terkait Simulasi Rencana Pengembangan hasil Food Estate atau Lumbung Pangan Nasional di Kalteng, dalam simulasi tersebut akan memanfaatkan angkutan sungai (Inland Water Ways) untuk transportasi logistik mendukung Pengembangan Food Estate.

(banjarmasinpost co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved