Breaking News:

Berita Kapuas

Disdagperinkop dan UKM Bantu Pengrajin Purun di Kapuas Sesuaikan Permintaan Pasar

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disdagperinkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kapuas telah melakukan pembinaan

Tribunkalteng.com/Fadly SR
Plt Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Batu Panahan 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disdagperinkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kapuas telah melakukan pembinaan, pelatihan dan sosialisasi terhadap pengrajin purun di Kabupaten Kapuas.

"Ya, kami telah lakukan pembinaan ke pengrajin purun, diantaranya yang berlokasi di Pulau Petak, Kapuas Hilir, dan Sungai Kayu," kata Plt Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Batu Panahan, Minggu (11/10/2020).

Dirinya menyampaikan bahwa kerajinan purun ini sudah ada pasarnya khususnya di Pulau Jawa. Pihak Disdagperinkop dan UKM akan membantu untuk dibina dan dilatih sesuai dengan desain yang diinginkan oleh pasar.

"Karena untuk membuat tas-tas dari purun ini mereka sudah cukup mahir, hanya proses pelapisan yang memadukan dengan kain masih belum mahir, jadi ini yang akan kami bantu untuk dibina dan dilatih sesuai dengan desain yang disampaikan kepada kami," jelasnya.

Dinas Perikanan Kapuas Salurkan Bantuan Bibit Ikan ke Tamban Catur, Segini Jumlahnya

Disampaikannya, untuk harga jual tikar purun paling mahal hanya sampai Rp50 ribu sedangkan untuk kerajinan berbentuk tas di hargai kisarannya Rp 75 ribu.

Lalu, karena masih suasana pandemi Covid-19 ini maka untuk penjualan kerajinan purun ini menggunakan sistem online maupun langsung dihubungkan ke wilayah-wilayah yang cukup aktif dengan kerajinan purun ini.

"Harapan kami pada pengrajin purun ini agar dapat menjadikan pekerajaan ini sebagai nilai tambah untuk menghidupi keluarga karna potensinya sangat luar biasa," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, pasar-pasarnya juga sangat bagus jika terus disesuaikan dengan harapan pasar.

"Apapun yang sudah kami berikan berupa pembinaan, pelatihan, pengembangan, dan sebagainya agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," pungkas Batu.
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved