Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Ben Bahat Akan Kembangkan Wisata Kearifan Lokal di Kalteng

Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat akan mengembangkan wisata berbasis kearifan lokal di Kalteng. Menurutnya, provinsi terbesar ked

Tribunkalteng.com/faturahman
Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat saat terjun ke masyarakat. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM-Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat akan mengembangkan wisata berbasis kearifan lokal di Kalteng. Menurutnya, provinsi terbesar kedua di Indonesia itu kaya akan budaya.

"Kita contoh Bali, di sana berhasil memperkenalkan budaya mereka sebagai objek wisata. Kita pun bisa seperti itu," ujar Ben Bahat.

Cagub nomor urut satu itu tak menampik jika Kalteng kurang dianugerahi oleh wisata berbasis alam. Oleh karena itu, Ben Bahat ingin budaya-budaya di Kalteng bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Nathalie Holscher Akui Sempat Takut Bertemu Anak-anak Sule

"Kalteng punya budaya yang berlimpah. Kita tak memiliki pantai atau gunung berapi. Tapi Kalteng punya budaya dengan kearifan lokal yang sangat berlimpah seperti tari-tarian, peteng bahandang dan masih banyak lagi," kata Ben Bahat.

Ben Bahat melihat, semakin berkembangnya zaman. Para generasi muda mulai melupakan budaya-budaya asli Bumi Tambun Bungai ini.

Oleh karena itu, wisata berbasis kearifan lokal juga bisa sebagai bentuk pelestarian budaya-budaya Kalteng. Menurutnya jika ada wadah untuk pementasan seni tradisional tersebut, sama saja menjaga nilai-nilai budaya dari nenek moyang.

"Kita jaga budaya kita dengan cara pemerintah memberikan wadah bagi para pelaku seni yang berbasis kearifan lokal. Kita jaga eksistensinya sampai turun temurun ke cucu kita," lugas Ben Bahat. (Tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved