Breaking News:

Berita Palangkaraya

Dinas Pendidikan Kalteng Siapkan Ribuan Siswa SMK Dukung Program Food Estate

Program Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah yang kini masih terus dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat diharapkan nantinya

TRIBUN KALTENG.COM/FATURAHMAN
Mofit Saptono Subagio, Plt Kepala Disdik Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Program Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah yang kini masih terus dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat diharapkan nantinya akan mencetak lapangan pekerjaan baru bagi lulusan SMK se Kalteng untuk dipekerjakan.

Pengembangan kawasan food estate tersebut, Kamis (8/10/2020) besok rencananya akan dikunjungi Presiden RI, Joko Widodo yang datang untuk melakukan kick off food estate sekaligus untuk memantau pengairan di Pulang Pisau eks lokasi PLG sejuta hektare.

Polisi Sita 53,68 Gram Sabu Dibungkus Tisu dalam Tas Gadis Cantik di Sampit ini

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Mofit Saptono Subagio, mengungkapkan, Program Nasional, Food Estate, untuk anak SMK sampai tahun 2023 nantinya, akan menciptakan tenaga yang siap pakai, jumlahnya mencapai 7.515 orang, sehingga sangat bisa mendukung program nasional untuk direkrut dari tenaga lokal Kalteng.

“Di Kalteng ini ada 137 SMK, ada 77 SMK yang mengelola kejuruan pertanian, seperti diwilayah Kotim, kobar, kapuas, dan Palangkaraya serta Lamandau, dan sebagian lainya, dengan kejuruan pertanian, perkebunan, holtikultura dan jurusan lainnya," ujarnya.

Menurut dia, jika program nasional, food estate perlu tenaga kerja lokal, tentunya anak - anak SMK yang ada saat ini, dalam 2-3 tahun kedepan, sudah bisa di rekrut. "Bidang kejuruanya pun mendukung, yakni Agribisnis tanaman perkebunan, hutikoltura, perikanan, pengolahan hasil pertanian, pemuliaan dan perbenihan tanaman,” kata Mofit.

Dia menyebutkan, pihaknya terus meningkatkan upaya penguatan praktik kerja industri yang sudah berjalan terus ditingkatkan, sehingga pelaksanaan uji kopetensi dalam meningkatkan standar nasional dapat memiliki sertifikasi setelah mereka lulus sekolah.

“Pembinaan untuk anak SMA serta SMK, Pemprov Kalteng, kami terus meningkatkan penemuan teknologi baru, pelatihan bidang alat mesin pertanian, sehingga cocok dalam mendukung program food estate nantinya. Apalagi dalam beberapa tahun ini, pembangunan fasilitas sekolah, laboratorium dan praktik kerja didukung Pemprov Kalteng sehingga dapat meningkatkan kualitas manak didik kita,”ujar Mantan Wakil Wali Kota Palangkaraya ini. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved