Breaking News:

Berita Kotabaru

Warga Kelumpang Selatan Kotabaru Setop Angkutan Buah Sawit Milik SKPE

Warga dua desa dari lima desa di Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan akhirnya bereaksi.

Tribunkalteng.com/Helriansyah
Warga dua desa dari lima desa di Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan akhirnya bereaksi. Warga berjumlah belasan orang, melakukan penyetopan mobil mengangkut tandan buah segar (TBS) milik PT Sinarmas Group, Sungai Kupang Estate (SKPE), Sabtu (3/10/2020) 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENV.COM, KOTABARU - Warga dua desa dari lima desa di Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan akhirnya bereaksi.

Warga berjumlah belasan orang, melakukan penyetopan mobil mengangkut tandan buah segar (TBS) milik PT Sinarmas Group, Sungai Kupang Estate (SKPE), Sabtu (3/10/2020)

Pengamatan banjarmasinpost.co.id di lapangan, penyetopan angkutan TBS dari kebun inti perusahaan oleh warga yang juga petani desa Sangking Baru dan Sungaikupang Jaya, bentuk kekecewaan mereka terhadap perusahaan.

Kuras air di Tongkang Batu Bara, Japrani Tenggelam di Perairan Sungai Barito Kalsel

Reaksi beberapa orang perwakilan petani, Kepala Desa Sungaikupang Jaya, Yanto Saputra, Ketua BPD Sungaikupang Jaya, Sarijan dan anggota BPD Sangkingbaru ngeluruk ke jalan menjadi lintasan angkutan buah milik SKPE.

Mereka terpantik lantaran beberapa tuntutan petani baik secara lisan maupun tertulis, tidak direspon serius oleh perusahaan.

Dalam aksi itu, warga tidak melakukan penyetopan angkutan membawa TBS plasma masyarakat yang dikelola perusahaan atau unit Sungaikupang Plasma (SKPA).

"Tuntutan secara tertulis disepakati petani di lima desa, kami layangkan ke perusahaan. Tapi balasannya tidak memberikan jawaban terkait tuntutan," ungkap Yanto kepada banjarmasinpost.co.id.

Meski demikian, terkait penyetopan angkutan TBS dari kebun inti SKPE, Yanto memastikan selama aksi penyetopan tidak terjadi anarkis.

"Kami hanya menyetop angkutan membawa TBS SKPE," terang Yanto kepada banjarmasinpost.co.id.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved