Breaking News:

masjib kubah

VIDEO Profil Masjid Kubah Kecubung Palangkaraya

Masjid Kubah Kecubung peletakan batu pertama pembangunannya, pada, 18 Juni 2011 dilakukan, Menteri Agama RI, saat itu dijabat Surya Dharma Ali

Tribunkalteng.com / faturahman
Masjid Kubah Kecubung Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Masjid Kubah Kecubung peletakan batu pertama pembangunannya, pada, 18 Juni 2011 dilakukan, Menteri Agama RI, saat itu dijabat Surya Dharma Ali disaksikan pemuka agama islam di Kalimantan Tengah.

Masjid Kubah Kecubung merupakan masjid besar yang hingga saat ini masih terus dikerjakan dengan bantuan dari berbagai pihak termasuk Pemko Palangkaraya.Masjid ini terletak di Jalan RTA Milono kilometer 4,5 Kota Palangkaraya.

Masjid ini berada di sekitar Bundaran Burung persimpangan Jalan RTA Milono, Jalan Adonis Samad dan Jalan Soekarno Palangkaraya yang merupakan jalan trans kalimantan penghubung Provinsi Kalteng dan Provinsi Kalsel.

Luas lahan kawasan masjid megah yang terletak di kawasan Bundaran Burung ini mencapai 3,6 hektare bangunannya cukup tinggi dan halaman parkirnya sangat luas sehingga bisa menampung ribuan kendaraan roda dua dan roda empat.

Sepuluh Warga Palangkaraya Tanpa Masker Terjaring Operasi Yustisi, Ini Sanksi Yang Diberikan

Banyak Warga Belum Ambil Bansos di Kelurahan Bukittunggal Palangkaraya, Ternyata Ini Kendalanya

Luas bangunan Masjid Kubah Kecubung yang pembangunan awalnya dilakukan masa Wali Kota Palangkaraya dipimpin oleh HM Riban Satia ini mencapai 12.577 meter persegi itu, dan saat ini pembangunanya dilanjutkan oleh Wali Kota Fairid Naparin.

Pembangunan Masjid Kubah Keseluruhan diperkirakan akan menghabiskan dan hingga mencapai Rp160 miliar, namun pengerjaannya cukup lambat dana untuk pembangunan masjid pun tidak mengandalkan bantuan Pemko Palangkaraya saja tetapi juga pihak lainnya.

Masjid Kubah Kecubung merupakan masjid yang nantinya akan menjadi masjid kebanggaan warga Kota Palangkaraya, karena masjid ini dibangun dengan dana bantuan banyak orang, selain juga dibantu oleh Pemko Palangkaraya.

Masjid ini diperkirakan akan menampung hingga mencapai 8000 orang lebih untuk bagian dalam bangunan juga bagian halamannya sehingg pembangunan tidak hanya untuk bagian dalam masjid tetapi juga bagian halamanya yang juga bisa dipakai untuk melaksanakan salat jika penuh bagian dalam masjid.

Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, dalam beberapa kali pertemuan dengan warga Palangkaraya juga saat Guru Danau asal Kalsel pernah melakukan tausiah juga pengumpulan dana untuk pembangunan masjid menjanjikan akan terus membantu dana penyelesIannya.

Fairid mengatakan, Masjid Kubah Kecubung metupakan masjid yang nantinya akan menjadi kebanggaan warga Kota Palangkaraya."Saya akan membantu penyelesaian masjid ini, kedepannya," ujarnya saat memghadiri tablig akbar di masjid tersebut.

Dalam beberapa kesempatan Fairid bahkan bersama Sekda Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangkaraya, Imbang Triadmaji, secara langsung melihat progres pengerjaan masjid tersebut dan berharap bisa segera dirampungkan. (Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved