Breaking News:

Berita Kapuas

Secara Daring, Satpol PP dan Damkar Kapuas Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana

Bencana bukan hanya meliputi banjir, tanah longsor, kebakaran lahan, gempa bumi dan tsunami saja, tetapi wabah penyakit juga termasuk dalam kategori b

Foto Satpol PP
Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas ikuti pelatihan penangulangan bencana melalui zoom meeting 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Bencana bukan hanya meliputi banjir, tanah longsor, kebakaran lahan, gempa bumi dan tsunami saja, tetapi wabah penyakit juga termasuk dalam kategori bencana.

Oleh karena itu Undang Undang tentang Penangulangan Bencana Nomor 24 Tahun 2007 menjadi dasar dalam mengatasi bencana.

Mitigasi dan skenario penanganan bencana yang matang terkait berbagai penanggulangan bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, gempa bumi, tsunami dan wabah penyakit bisa ditangani dengan baik.

Terkait hal itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kapuas mengikuti pelatihan penangulangan bencana.

Dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang diadakan oleh BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah mulai 21 September sampai dengan 28 Setember 2020 lalu.

Satlantas Polres Kapuas Kalteng Gelar Samling di Kecamatan Basarang

Paslon Gubernur Sugianto-Edy Prioritaskan Pengembangan Pelabuhan Laut

, Syahripin mengatakan pihaknya mengikuti pelatihan penanggulangan bencana yang diselenggarakan BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah.

Karena mitigasi adalah salah satu bagian dari tugas Satpol PP dan Damkar dalam rangka penanganan bencana saat di lapangan, untuk mengurangi resiko bencana agar tidak muncul kepanikan ataupun korban.

"Adanya pelatihan penanggulangan bencana untuk meningkatkan SDM dan menjadi pedoman bagi anggota Satpol PP dan Damkar dalam penyelenggaraan mitigasi bencana yang dapat dituangkan dalam bentuk standar pelaksanaan atau kebijakan," kata Syahripin, Rabu (30/9/2020).

Adapun peserta pelatihan ini diikuti oleh Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah, Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah.

Lalu, BPBD Provinsi Kalimantan Tengah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar se Kabupaten di Kalimantan Tengah dan BPBD se Kabupaten di Kalimantan Tengah. Serta diisi oleh beberapa narasumber dari BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah.
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved