Breaking News:

Berita Otomotif

Inilah Bahaya Mengganti Gigi saat Mobil Lewat Tanjakan dan Turunan

Kontur jalanan di Indonesia sangatlah beragam, banyak jalan berbukit yang penuh tanjakan dan turunan. Tentunya melewati tanjakan dan turunan tidak se

Foto Humas Polda Jabar
Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM- Kontur jalanan di Indonesia sangatlah beragam, banyak jalan berbukit yang penuh tanjakan dan turunan. Tentunya melewati tanjakan dan turunan tidak semudah mengemudi di jalan yang rata.

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan saat melewati tanjakan maupun turunan yaitu mengganti gigi transmisi, khususnya mobil manual. Kesalahan ini bisa menyebabkan kecelakaan bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ketika mengemudi di tanjakan dalam kecepatan yang rendah, jangan pernah mencoba untuk mengganti gigi transmisi.

Pasar Motor Terbesar di Dunia, Harley DavidsonTutup Prabrik di India

Mobil pickup yang mengangkut rombongan pengantar lamaran nikah berada di jurang sedalam 8 meter di turunan jalan gunung kutu babi kecamatan Lumbis Nunukan Kaltara, 3 orang meninggal dalam peristiwa ini.

Mobil pickup yang mengangkut rombongan pengantar lamaran nikah berada di jurang sedalam 8 meter di turunan jalan gunung kutu babi kecamatan Lumbis Nunukan Kaltara, 3 orang meninggal dalam peristiwa ini.

“Kalau sudah di tengah tanjakan kita mengganti gigi, bila kurang cepat atau salah posisi gigi, mobil bisa mundur,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Usai Pesta Miras, Tujuh Pemuda Perkosa Dua Gadis ABG

Marcell juga mengatakan, jika di jalan menurun mengganti gigi, mobil jadi tidak terkendali. Mobil akan meluncur lebih cepat, karena kopling dan mesin akan los, sehingga tidak ada engine brake yang membantu pengereman.

Jadi hal yang harus dilakukan pengemudi sebelum menemui tanjakan atau turunan yaitu menurunkan gigi. Selain itu, ada lagi kesalahan cara mengemudi di turunan dan tanjakan yang bisa membahayakan.

“Cara yang salah yaitu mendahului di turunan, karena bisa saja kendaraan jadi tidak terkontrol dengan baik dan berakibat celaka,” kata Marcell.

Perilaku yang berbahaya satu lagi yaitu mengemudi terlalu cepat di tanjakan. Marcell mengatakan, ketika mengemudi terlalu cepat, tidak memperhitungkan, kemungkinan ada titik buta di ujung tanjakan. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Bahaya Mengganti Gigi saat Mobil Lewat Tanjakan dan Turunan"

Editor: edi_nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved