Breaking News:

Berita Kapuas

Kemenag Kapuas Gelar Pembinaan Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas mengundang sebanyak 50 orang Calon Jamaah Haji (CJH).

Foto Kemenag Kapuas
Kemenag Kapuas saat menggelar pembinaan bimbingan manasik dan perjalanan haji 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas mengundang sebanyak 50 orang Calon Jamaah Haji (CJH).

Guna mengikuti kegiatan Pembinaan Persiapan Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji Angkatan I Tahun 2020.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kapuas, H Asyhadi, mengatakan untuk mempersiapan CJH yang sehat dan siap berangkat di tahun 2021 maka digelar kegiatan tersebut.

"Tujuannya selain menambah pengetahuan CJH juga memastikan CJH tetap sehat bugar sampai waktu pelaksanaan keberangkatan nanti," katanya, Jumat (25/9/2020).

Dirinya yang juga Plt Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas itu mengimbau kepada CJH agar selalu menjaga kesehatannya dengan melakukan check up rutin setiap bulan agar mencapai kondisi Istitha’ah.

Selain itu ia juga terus menjelaskan bahwa Jamaah Haji yang telah melunasi BIPIH tahun 2020 maka menjadi Jamaah Haji pada tahun 2021.

"Adapun untuk Jamaah Haji Cadangan yang juga telah melunasi BIPIH pada tahun 2020 tetap akan menjadi Jamaah Haji Cadangan di tahun 2021," jelasnya

Sementara dalam kegiatan tersebut juga di datangkan pemateri dari Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng H Moh Asbli yang menyampaikan perihal asuransi jamaah haji, menurutnya asuransi jamaah haji reguler berguna untuk memberikan perlindungan kepada jamaah.

Perguruan Singa Jambung Pukulan Tinjek di Kapuas Laksanakan Ritual Batamat

Sifat Asli Raffi Ahmad saat di Belakang Kamera Terungkap, Denny Darko: Dia Sangat Kekanak-kanakan

"Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi sewaktu di perjalanan sampai dengan ke tanah suci, makanya diberikan perlindungan berupa asuransi apabila Jamaah Haji meninggal dunia murni (Natural Death), meninggal karena kecelakaan dan cacat total atau cacat tetap maka akan ditanggung oleh asuransi," bebernya

Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kapuas H Hamidhan didapuk sebagai pemateri menjelaskan kepada CJH Kabuapaten Kapuas agar jangan meremehkan bimbingan manasik haji.

Hal ini karena manasik haji itu sangat diperlukan sebagai dasar awal CJH mempersiapkan diri melaksanakan ibadah haji.

"Teruslah belajar manasik haji, baca selalu buku manasiknya karena di dalam manasik haji ada peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukunya, tujuannya tentu saja memberikan kemandirian kepada CJH sewaktu beribadah haji disana nanti," terangnya.
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved