Breaking News:

Berita Kapuas

Dua Mahasiwi Banjarmasin Penelitian Lapangan di KUA Pulau Petak Kapuas

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), kedatangan dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Tribunkalteng.com/Fadly SR
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), kedatangan dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), kedatangan dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin.

Kedatangan dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Fakultas Syariah Prodi Hukum Keluarga itu ingin melakukan penelitian lapangan mengenai pelayanan KUA Khususnya kualitas layanan penikahan dimasa pandemi covid-19.

Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak, H Sahmin, menyambut baik kedatangan dua mahasiswa tersebut dengan langsung menunjukan data nikah dan aplikasi simkah.

"Pada dasarnya kami terima dengan pintu terbuka apalagi mereka memang mahasiswa di bidang hukum keluarga, sedikit banyak akan membantu pelayanan di KUA Pulau Petak," kata Sahmin, Kamis (24/9/2020).

MIN 3 Kapuas Kalteng Akhirnya Selesaikan Pelaporan Retensi Arsip

Dapat Nomor Urut 1, Relawan Ben-Ujang: Sinyal Kemenangan

Kemudian, di KUA Kecamatan Pulau Petak ia menjelaskan pelayanan pernikahan di masa pendemi Covid-19 berjalan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Yaitu membatasi keluarga yang akan ikut menyaksikan pelaksanaan pernikahan, mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan, sebelum masuk ke Kantor KUA dan menggunakan masker pastinya.

"Alhamdulillah layanan pernikahan di masa pandemi ini masih berjalan sesuai dengan prtokol kesehatan, masyarakat yang meminta layanan juga mengerti dan paham akan pentingya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19 ini," beber Sahmin

Sementara itu, Operator Simkah, Zainal Abidin mengatakan pada KUA Kecamatan Pulau Petak pemanfaatan teknologi aplikasi bernama Simkah web yang terintegrasi dengan aplikasi SIAK milik Kemendagri, mempermudah.

"Dalam hal mengetahui calon pengantin (catin) dalam status dan kondisinya dan di aplikasi ini juga dapat mendaftakan pernikahan secara online," katanya.

Dilanjutkannya, aplikasi ini mudah bisa diakses masyarakat tinggal browsing dan klik simkah.kemenag.go.id, maka akan tampil semua.

"Kami siap memberikan pendampingan dalam penelitian, baik itu data, wawancara maupun dokumnetasi, semoga proses penelitian ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat meraih nilai yang terbaik," pungkasnya
(Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved