Breaking News:

Berita Palangkaraya

Sulit Dijangkau Lewat Darat, Tiga Helikopter Bawa Sembako ke Lokasi Terdampak Banjir

Pengiriman bantuan sembako kepada warga Kalteng yang ada di sejumlah kabupaten terdampak banjir tidak semuanya bisa ditempuh melalui jalur darat,

Foto Kominfo Kalteng
Helikopter Water Boombing dimanfaatkan untuk mengangkut bantuan sembako bagi warga teedampak di Kalteng. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pengiriman bantuan sembako kepada warga Kalteng yang ada di sejumlah kabupaten terdampak banjir tidak semuanya bisa ditempuh melalui jalur darat, sehingga pengiriman paket sembako menggunakan tiga helikopter Water Boombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pembagian bantuan sembako tersebut dilakukan lewat udara menggunakan tiga helikopter Water Boombing yang biasanya dipakai untuk melakukan penyiraman lahan atau hutan yang terbakar melalui udara, saat ini dialihkan sementara untuk pengiriman bantuan sembako untuk korban banjir di Kalteng.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan Pelepasan Simbolis Bantuan Sosial Korban Banjir Melalui Jalur Udara. Pelepasan armada bantuan tersebut berlangsung di VIP Isen Mulang Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kamis (17/9/2020) siang.

Bawa Sabu 0,46 Gram, Warga Palangkaraya Kalteng Ini Dibekuk Polisi Saat Mengendarai Motor

Bantuan tersebut berupa sejumlah paket sembako untuk warga terdampak banjir. Ada 3 unit helikopter water bombing BNPB yang diberangkatkan ke beberapa Kabupaten untuk membawa bantuan bagi korban banjir.

Penyaluran bantuan Pemprov Kalteng untuk masyarakat terdampak banjir yang diditribusikan melalui jalur udara, antara lain Kabupaten Katingan berjumlah 1.369 paket sembako, masing-masing untuk Kecamatan Katingan Hulu 175 paket sembako, Kecamatan Marikit berjumlah 76 paket sembako dan Kecamatan Sanaman Mantikei berjumlah 1.118 paket sembako.

Kabupaten Kapuas berjumlah 557 paket sembako yang didistribusikan di Kecamatan Mandau Talawang. Sedangkan, untuk Kabupaten Murungraya berjumlah 15 paket sembako yang didistribusikan di Kecamatan Permata Intan.

Total keseluruhan paket sembako yang dibagikan pada 3 Kabupaten berjumlah 1.941 paket sembako. "Bantuan sembako yang dibawa menggunakan Helikopter ini, didistribusikan menggunakan helikopter yakni untuk wilayah yang sulit terjangkau tranportasi darat," ujar Sugianto.

Penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat terdampak banjir sudah dilakukan dari tanggal 15 September 2020. Total sembako yang disalurkan sejak tanggal 15 September hingga saat ini berjumlah 20.000 paket sembako.

"Pelepasan simbolis bantuan sosial tahap awal telah disiapkan sebanyak 20.000 paket, akan dibagikan secara bertahap," ujarnya. (tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved