Breaking News:

Berita Nasional

Menaker Bantah Tudingan Pihaknya Hambat Pencairan Bantuan Karyawan Swasta

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah membantah kementeriannya menghambat pencairan bantuan subsidi upah (BSU

Tribunnews.com
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 

TRIBUNKALTENG.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah membantah kementeriannya menghambat pencairan bantuan subsidi upah (BSU).

Ida menjelaskan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah berusaha maksimal untuk memproses pencairan subsidi upah/gaji bagi pekerja swasta tersebut.

“Saya tegaskan, tidak ada upaya Kemnaker untuk menghambat penyaluran subsidi ini, namun kami tentu harus bekerja secara prosedural sesuai regulasi yang intinya agar program ini tepat sasaran,” kata Ida di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Untuk pencairan subsidi upah tahap 3 misalnya, Ida mengatakan Kemenaker diberikan waktu 4 hari untuk melakukan check list kelengkapan data setelah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan Rabu pekan lalu.

Perampok Lepaskan Tembakan, Jarah 1 Kg Perhiasan Emas di Kabupaten Kobar

APSSI Usulkan Larangan Klub Liga 2 Gunakan Pelatih Asing Mulai Tahun 2021

“Ketentuan empat hari tersebut memang kami atur dalam Juknis sebagai upaya untuk meminimalkan resiko kesalahan data penerima sehingga dapat tepat sasaran,” kata Ida.

Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi upah/gaji Tahap III telah dicairkan untuk 3,5 juta orang pekerja/buruh yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker.

Penyaluran tahap III melengkapi penyaluran pada tahap sebelumnya, di mana pada tahap I sebanyak 2,5 juta penerima dan pada tahap II sebanyak 3 juta penerima.

“Secara total, hingga saat ini penyaluran subsidi upah/gaji telah diberikan kepada 9 juta penerima atau 57 persen dari total target penerima sebanyak 15,7 juta orang,” kata Ida.

Menaker Ida berharap bantuan subsidi gaji dapat membantu daya ekonomi serta dimanfaatkan secara optimal oleh para pekerja/buruh.

Bantuan ini juga diharapkan mengurangi beban para pekerja di masa pandemi.

“Bantuan subsidi upah ini diarahkan untuk menjaga dan meningkatkan daya beli pekerja/buruh serta mendongkrak konsumsi masyarakat. Sehingga, kemudian menimbulkan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menaker Ida Fauziyah Bantah Pihaknya Hambat Pencairan Subsidi Upah

Editor: Rahmadhani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved