Breaking News:

Berita Kapuas

Sambut Pilkades Serentak 2021, Ini Yang Dilakukan Dinas PMD Kapuas

Sambut pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021, persiapan mulai dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabup

Tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Yanmarto 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Sambut pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021, persiapan mulai dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas.

"Pilkades serentak tahun 2021 mendatang akan dilakukan di 156 desa dari 214 desa tersebar di 17 kecamatan," kata Kepala Dinas PMD Kapuas, Yanmarto, Rabu (9/9/2020).

Maka itu, pihaknya sejak saat ni sudah mempersiapkan. Lantaran jumlah desa yang akan mengadakan pilkades tidak sedikit.

Kantor BNNP Dijaga Ketat Saat Pemeriksaan Narkoba Bacalon Gubernur Kalteng

Pilkada Kalteng 2020 - Dua Bacagub Kalteng Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Urine

"Sejak saat ini kami mempersiapkan, dengan menghimpun stakeholder terkait. Terutama dari pihak pemerintah kecamatan," ujarnya.

Dalam mempersiapkan ini pihaknya juga sudah menggelar rapat koordinasi (rakor) dipimpin Plt Sekda Kapuas, Septedy dan diikuti seluruh camat di Kapuas.

Dalam rakor yang akan dipersiapkan yakni revisi Perda dan Perbup yang nanti disampaikan ke DPRD Kapuas sesuai mekanisme berlaku termasuk anggaran.

"Kami berharap proses pengusulan dalam rangka persiapan Pilkades serentak tahun 2021 baik regulasi maupun anggaran mendapat dukungan penuh DPRD Kapuas," harapnya.

Selain itu, ungkapnya, dasar hukum Pilkades serentak di antaranya Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades diubah dengan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017.

"Kemudian, Perda Kabupaten Kapuas Nomor 1 Tahun 2015 tentang tata cara Pilkades dan pemberhentian Kepala desa," pungkasnya. (Tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved