Breaking News:

KaltengPedia

KaltengPedia – Dermaga Samuda, Titik Penting Transportasi di Kabupaten Kotim

Kapal dari Dermaga Samuda sangat membantu masyarakat Mentaya Hilir Selatan, Kotim, Kalteng, dalam hal penyeberangan menggunakan kelotok atau feri.

TRIBUN KALTENG/FATURAHMAN
Warga menunggu kapal dermaga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Danau (LLASD) Samuda, tepi Sungai Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah. 

Editor: Alpri Widianjono

TRINBUN KALTENG.COM, SAMPIT - Kelotok atau perahu bermesin untuk mengangkut barang ataupun penumpang, merupakan transportasi penting di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah.

Seperti di kawasan Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, alat utama bagi masyarakat setempat yang akan membawa ke hulu atau hilir Sungai Mentaya.

Dan salah satu titik pusat kapal-kapal itu adalah di dermaga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Danau (LLASD) Samuda.

Sampai saat ini, sangat membantu masyarakat setempat. Khususnya, dalam hal penyeberangan menggunakan kelotok maupun feri.

VIDEO Kios Pasar Eks Mentaya Sampit Banyak Tutup , Wahana Permainan Anak Ramaikan Pasar

Cepat Tangani Kekerasan Terhadap Anak, Kapolres Kotim Dapat Penghargaan KPAI

Nanas Madu Petani Mentaya Seberang Kalteng Makin Digemari Warga Sampit, Ini Alasannya

Diduga Edar Sabu Warga Telawang Kotim Disergap Polisi di Rumah, Sabu Disimpan di Kotak Senter

Lokasi Dermaga Samuda berada di kawasan Pasar Umar Hasyim. Selama ini, menjadi tempat bagi warga Kecamatan Mentaya Hilir Selatan untuk melakukan transaksi jual beli, terutama sembako.

Dermaga Samuda selama ini banyak dipakai oleh warga Samuda atau warga Pulau Hanaut yang terbelah Sungai Mentaya. Menghubungkan kedua kecamatan, warga harus naik kelotok atau feri.

Warga Pulau Hanaut bisanya singgah ke dermaga Samuda untuk membeli bahan makanan atau barang di Pasar Samuda juga untuk memasarkan hasil kebun warga di Pulau Hanaut di Pasar Samuda.

Dari Dermaga Samuda, warga setempat pun bisa melihat Pulau Hanaut dan Pulau Lepeh yang ada di tengah Sungai Mentaya, dua pulau tersebut banyak di huni buaya muara Sungai Mentaya.

(Tribun Kalteng/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved